Sandiaga Uno Puji Sanfest 2022 Layaknya Festival di Negara Maju

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Jumat, 19 Agu 2022 07:42 WIB
Pembukaan Sanur Village Festival 2022 atau Sanfest di Pantai Matahari Terbit, Denpasar, Bali, Kamis (18/8/2022).
Pembukaan Sanur Village Festival 2022 atau Sanfest di Pantai Matahari Terbit, Denpasar, Bali, Kamis (18/8/2022). (Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Bali -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memuji pelaksanaan Sanur Village Festival 2022. Ia menyebut festival yang dikenal dengan nama Sanfest tersebut layaknya festival internasional di negara-negara maju seperti Amerika dan Eropa.

Pujian itu disampaikan Sandiaga saat pembukaan Sanur Village Festival 2022 di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (18/8/2022). Menurutnya, Sanfest juga masuk ke dalam program Kemenparekraf, yakni Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

"Saya lihat dari baru masuk tempat ini seperti festival yang ada di Amerika, Eropa dan negara lain yang sudah lebih maju. Ini berarti kita punya salah satu festival yang dibanggakan dan suatu saat ini akan menjadi festival berkelas dunia," kata Sandiaga.


Sandiaga menambahkan, pelaksanaan Sanfest tahun ini juga tepat mengingat dalam waktu dekat akan digelar presidensi G-20 di Bali. Ia berharap, multiplayer effect dari Sanfest dapat menjadi ajang promosi pariwisata Bali dan ekonomi kreatif sehingga sesuai dengan semangat G-20, yakni recover together recover stronger.

"Lapangan kerja yang tercipta juga luar biasa. UMKM yang dilibatkan, seni, musik, fashion, kuliner tersedia disini dan menjadi bagian dari kebangkitan. Saya prediksi dengan event-event seperti ini bisa menambah setengah sampai 1 persen pertumbuhan ekonomi Bali," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Sanur Village Festival, Ida Bagus Gede Sidharta Putra menuturkan Sanfest tahun ini melibatkan 150 tenant. Ada sekitar 60 UMKM yang turut diberi ruang di area Sanfest selama festival berlangsung.

"Kalau pada saat sebelum COVID-19, perputaran uang di sini sekitar Rp 40 miliar. Tapi, untuk di tahun ini saya rasa 50 persennya saja sudah cukup karena 50-60 persen adalah target pasca pandemi COVID-19," ungkapnya.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)