Sanfest 2022, Ratusan Atlet Ikuti Kompetisi Surfing dan Kite Surfing

Sanfest 2022, Ratusan Atlet Ikuti Kompetisi Surfing dan Kite Surfing

Tim detikBali - detikBali
Kamis, 18 Agu 2022 16:22 WIB
Kite surfing - Ratusan peselancar mengikuti kompetisi surfing dan kite surfing di ajang AstraPay Sanur Village Festival (Sanfest) 2022, dari 17-21 Agustus 2022.
Kite surfing - Ratusan peselancar mengikuti kompetisi surfing dan kite surfing di ajang AstraPay Sanur Village Festival (Sanfest) 2022, dari 17-21 Agustus 2022. (Foto: Istimewa)
Denpasar -

Ratusan peselancar mengikuti kompetisi surfing dan kite surfing di ajang AstraPay Sanur Village Festival (Sanfest) 2022. Kompetisi surfing digelar di Pantai Segara Ayu Sanur, sedangkan kite surfing di area pantai Hyatt Sanur. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari dari 17-21 Agustus 2022.

Koordinator panitia Kite Surfing Competition I Nyoman Budiasa mengatakan kegiatan ini telah menjadi salah satu agenda penting untuk mencari bibit atlet kite surfing muda.

"Sejumlah tempat di Pantai Sanur dengan angin kencang dan ombak yang nyaman memiliki karakter tersendiri dan menjadi incaran banyak peselancar kite surfing baik lokal maupun dunia," kata pria yang akrab disapa Kojek itu, Rabu (17/8/2022).


Pada hari pertama, sebanyak 40 peselancar kite surfing turut berpartisipasi mengikuti kelas marathon. Menariknya, kompetisi hari pertama sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

Tampak para peserta marathon kite surfing membawa bendera merah putih. Hal itu mendapat respons banyak pengunjung, terutama wisatawan yang sedang menikmati indahnya panorama Pantai Sanur. Tak hanya itu, para peselancar kite surfing dan panitia juga melakukan upacara dan memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih.

"Momentum 17 Agustus sebagai perayaan kemerdekaan merupakan hal spesial bagi peselancar kite surfing, kami harus memberikan rasa hormat kepada merah putih sebagai bagian rasa syukur atas jasa pahlawan. Tanpa kemerdekaan, kita para peselancar kite surfing tidak akan bisa melaksanakan kegiatan seperti sekarang," imbuhnya.

Peserta marathon kite surfing mulai mengambil start di Pantai Hyatt ke selatan menuju Semawang. Selanjutnya peserta kembali ke utara dengan finish di Pantai Segara.
Adapun juara pertama kompetisi kite surfing untuk kelas marathon diraih oleh Wayan Pande. Berikutnya peringkat kedua Komang Pande, dan peringkat ketiga Adi Firmansyah.

Sementara itu, kompetisi surfing di Pantai Segara masih melangsungkan tahapan penyisihan pada hari pertama hingga hari kelima, Minggu (21/8/ 2022) mendatang.



Simak Video "Serunya Bermain Kite Surfing di Lepas Pantai Sanur Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)