Sosok Pahlawan I Gusti Ketut Jelantik, Jadi Patih di Perang Jagaraga

Tim detikBali - detikBali
Senin, 15 Agu 2022 13:29 WIB
Patung Raja Buleleng, I Gusti Ngurah Made Karangasem dan Patih I Gusti Ketut Jelantik saat memimpin Perang Jagaraga di Buleleng
Foto: Patung Raja Buleleng, I Gusti Ngurah Made Karangasem dan Patih I Gusti Ketut Jelantik saat memimpin Perang Jagaraga di Buleleng. (dok. Dinas Sosial Buleleng)
Bali -

I Gusti Ketut Jelantik adalah pahlawan Nasional Indonesia dari Bali yang lahir di Tukadmungga, Kabupaten Buleleng pada 1800. Ia merupakan sosok pahlawan nasional kebanggaan masyarakat Bali.

Semasa hidupnya, I Gusti Ketut Jelantik pernah terlibat menjadi patih dalam perang Bali II atau Perang Jagaraga tahun 1948.

Perang itu berlangsung antara pasukan Belanda melawan pasukan Bali. I Gusti Ketut Jelantik dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada SK Presiden RI No. 077/TK/Tahun 1993.


Jelantik dikenal menjadi pemimpin masyarakat Bali dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda. Tidak cuma sekali, perlawanan yang dilakukan I Gusti Ketut Jelantik sampai tiga kali.

Ketiga perlawanan itu adalah Perang Bali I, Perang Jagaraga, dan Perang Bali III. Perang-perang tersebut terjadi dalam kurun waktu antara tahun 1846-1849.

Jelantik saat muda sering berkunjung ke Desa Kalibukbuk. Di desa itu terdapat sebuah kerajaan kecil dengan aktivitas utama masyarakatnya yaitu bertani. I Gusti Ketut Jelantik bersama keluarga kecilnya tinggal di sana dan bekerja sebagai petani.

Produktivitas pertanian I Gusti Ketut Jelantik cukup tinggi, sehingga dia mampu membangun pura yang bernama Pura Bukit Sari. Lambat laun ketokohan I Gusti Ketut Jelantik semakin dikenal oleh masyarakat luas. Hingga pada tahun 1828, I Gusti Ketut Jelantik diangkat menjadi Patih Agung Kerajaan Buleleng Bali

Jelantik mengembuskan napas terakhir pada pertempuran perang puputan yang selalu dikenang publik Bali. Kisah I Gusti Ketut Jelantik dirajut dengan apik oleh Yayasan Pelestarian Bali Utara. Beberapa peninggalannya, seperti keris yang digunakan untuk berperang, kini masih tersimpan dalam museum yang terletak di Kabupaten Buleleng tersebut.



Simak Video "Sosok Rasuna Said, Pahlawan yang Jadi Google Doodle Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)