Hari Pramuka ke-61, Kwarcab Buleleng Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

Hari Pramuka ke-61, Kwarcab Buleleng Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

Made Wijaya Kusuma - detikBali
Minggu, 14 Agu 2022 18:42 WIB
Peringati Hari Pramuka ke-61, Kwarcab Pramuka Kabupaten Buleleng gelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Curastana, Buleleng, Bali, Minggu (14/8/2022).
Peringati Hari Pramuka ke-61, Kwarcab Pramuka Kabupaten Buleleng gelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Curastana, Buleleng, Bali, Minggu (14/8/2022). (Foto: Made Wijaya Kusuma/detikBali)
Buleleng -

Memperingati Hari Pramuka ke-61, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Buleleng menggelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Curastana, Buleleng, Bali, Minggu (14/8/2022). Kegiatan diawali dengan upacara dan doa bersama sebagai penghormatan para pahlawan yang telah gugur.

Sekda Kabupaten Buleleng Gede Suyasa yang juga Kepala Kwarcab (Kakwarcab) Buleleng memimpin langsung prosesi tabor bunga tersebut. Ia menekankan agar Pramuka Buleleng bisa menanamkan karakter luhur dan memperkuat integritas sebagaimana tema Hari Pramuka ke-61.

"Ini harus menjadi ciri khas dari Pramuka dan setiap tahun kita memang tetap menekankan ini, termasuk dalam program-program," kata Gede Suyasa yang juga Kakwarcab Buleleng, saat ditemui detikBali, Minggu (14/8/2022).


Ia juga meminta anggota Pramuka untuk memiliki sikap responsif, terutama terkait kemanusiaan. Hal itu dapat dilakukan dengan melatih kepekaan dan tanggung jawab terkait permasalahan sosial kemanusiaan di lingkungan sekitar.

"Jadi sekiranya ada kegiatan sosial yang membutuhkan tenaga Pramuka, kita siap karena memang di situlah eksistensi dan tujuan Pramuka," katanya.

Menurut Suyasa minat generasi muda utamanya pelajar untuk mengikuti Pramuka saat ini sudah cukup bagus. Terlebih dengan adanya program gugus depan atau Gudep untuk seluruh sekolah di Kabupaten Buleleng.

"Harapan kita Pramuka supaya semakin eksis dan bisa menjadi motivator karena di Pramuka ada leadership yakni pendidikan kepemimpinan," imbuhnya.



Simak Video "Rawan Bencana, Masyarakat di Buleleng Diedukasi Tanggap Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)