5 Buah Tinggi Protein Cocok untuk Perkuat Otot Usai Olahraga

Tim detikFood - detikBali
Sabtu, 13 Agu 2022 21:26 WIB
Avocado on old wooden table in bowl. Halfs of avocados fresh fruits healthy food.
Foto: Alpukat (iStock)
Bali -

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, banyak juga yang ingin meningkatkan massa ototnya. Ternyata ada buah tinggi protein yang cocok untuk dikonsumsi.

Selain melakukan diet untuk menjaga tubuh yang ideal, banyak juga orang yang menempuh jalur olahraga keras untuk membentuk tubuhnya. Agar otot kuat saat berolahraga, mengonsumsi asupan protein wajib diperhatikan dengan baik.

Dilansir dari detikFood, protein dibutuhkan tubuh untuk membentuk massa otot dan menguatkannya. Tidak hanya melalui makanan seperti daging atau hewani saja, ahli gizi dan pakar kesehatan menyebutkan bahwa protein bisa didapatkan melalui konsumsi buah.


Ada buah-buah tertentu yang disebutkan tinggi akan kandungan proteinnya. Kadar proteinnya bahkan dinilai dapat membantu memperbanyak asupan protein tambahan selain mengonsumsi susu protein saja.

Berikut ini 5 buah tinggi protein untuk membentuk massa otot menurut Livescience:

1. Jambu merah

Sebanyak 128 gram jambu merah disebutkan mengandung protein hingga 4,2 gram. Buah tropis yang satu ini cukup mudah ditemukan di Indonesia dan tersedia sepanjang tahun.

Teksturnya yang renyah dengan rasa yang manis membuat jambu merah banyak digemari orang. Selain protein, jambu merah juga diperkaya akan serat, vitamin C dan potasium yang baik untuk pencernaan juga imunitas.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Open Access: Toxicology & Research ditemukan bahwa jambu merah mengandung berbagai antioksidan yang baik. Komponen ini juga bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antibakteri.

2. Alpukat

Tidak hanya lemak alaminya yang sehat, alpukat juga mengandung protein yang cukup tinggi. Pada 128 gram daging alpukat mengandung hingga 3 gram protein di dalamnya.

Dalam buah yang sama, alpukat juga rendah kandungan sodium dan karbohidratnya sehingga buah ini juga cocok untuk dikonsumsi sebagai menu diet rendah karbohidrat. Menurut jurnal berjudul Nutrients, konsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan risiko gangguan kardiovaskular.

Kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi membuat alpukat dapat bermanfaat sebagai makanan alami untuk menjaga kesehatan usus. Alpukat juga bisa dikonsumsi sebagai topping roti panggang yang cocok dikonsumsi untuk menambah tenaga sebelum atau sesudah olahraga.

3. Kiwi

Walaupun memiliki bentuk yang berbeda dari buah kebanyakan, kiwi ternyata memiliki banyak manfaat. Dibalik rasanya yang asam dan segar kiwi mengandung 12,1 gram protein pada 128 gram daging buahnya.

Buah kiwi termasuk salah satu buah eksotis yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Buah kiwi memiliki kandungan kalori yang rendah tetapi tinggi akan mikronutriennya.

Hanya dengan mengonsumsi buah kiwi kamu bisa mendapatkan potasium, vitamin C, vitamin E dan vitamin K secara langsung. Menurut penelitian pada European Journal of Nutrition, konsumsi kiwi secara rutin dapat meredakan gejala konstipasi dan sindrom iritasi usus.

4. Jeruk

Selama ini jeruk hanya dikenal sebagai buah kaya air yang tinggi akan vitamin C. Ternyata jeruk juga memiliki kandungan protein yang tidak bisa dikesampingkan manfaat sehatnya.

Pada sebuah jeruk berukuran sedang yang sudah dikupas mengandung 2 gram protein yang baik untuk tubuh. Selain itu kandungan asam dalam jeruk ini merupakan fitonutrien yang baik untuk memberikan banyak khasiat kesehatan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa jeruk, lemon dan buah-buahan yang asam lainnya memiliki antioksidan yang kuat dan komponen anti inflamasi yang baik. Selain mengisi massa otot, konsumsi jeruk ternyata dapat mencegah gangguan neurodegeneratif.

5. Pisang

Bukan lagi menjadi rahasia, buah pisang seolah sudah melekat dengan penggila olahraga maupun atlet dunia. Pada 128 gram pisang dikatakan mengandung 1,6 gram makronutrien termasuk protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pisang memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi sehingga cocok untuk memproduksi energi untuk menjalani olahraga. Mirip seperti buah berwarna kuning lainnya, pisang mengandung vitamin C, B6 hingga potassium yang baik untuk tubuh.

Pada pengamatan dalam jurnal Food Chemistry, pisang disebutkan mengandung antioksidan dan fitonutrien yang berkhasiat untuk kardiovaskular dan sistem saraf. Pisang juga bisa dikonsumsi dengan ringkas dengan cara diolah menjadi smoothie.



Simak Video "Novavax Klaim Vaksin Protein Terbukti Aman untuk Anak Usia 12-17 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)