5 Obat Berbahan Alami untuk Mengatasi Sariawan, Yuk Coba!

Tim detikHealth - detikBali
Sabtu, 13 Agu 2022 21:25 WIB
Sariawan tanda penyakit lain
Ilustrasi sariawan - Apa saja obat alami yang dapat mengatasi sariawan? Yuk simak beberapa obat berbahan alami untuk mengatasi sariawan! (Foto: Thinkstock)
Denpasar -

Bagaimana cara mengatasi sariawan? Apa saja obat alami yang dapat mengatasi sariawan?

Sariawan menjadi salah satu sakit yang paling sering diderita oleh banyak orang. Bahkan, ada yang rutin mengalami sariawan setiap bulan.

Dilansir dari detikHealth, sariawan mulut terjadi akibat dari adanya infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Sariawan memang menjengkelkan, terlebih saat hendak makan.


Namun demikian, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat sariawan. Lebih cepat mengatasi tentu saja lebih baik agar infiksi yang terjadi pada mulut Anda lekas sembuh.

Untuk diketahui, sariawan terjadi karena kekurangan vitamin C. Orang yang terkena sariawan umumnya membutuhkan obat antijamur untuk membersihkan ragi pada mulutnya.

Yuk simak beberapa obat berbahan alami dan cara mengatasi sariawan seperti dilansir detikHealth dari Healthline:

1. Kunyit

Warna kuning pada kunyit berasal dari curcumin, yakni sebuah senyawa yang dianggap memiliki sifat anti-inflamasi. Itulah sebabnya, kunyit cocok sebagai obat sariawan.

Sebuah studi tahun 2010 mengungkapkan, kunyit bisa dijadikan ramuan obat sariawan dengan mencampur beberapa bahan. Ambil setengah sendok teh pasta kunyit ke dalam secangkir air atau susu. Tambahkan sedikit lada hitam. Setelah itu panaskan larutan tersebut, dan minum selagi hangat.

2. Air Garam

Cara mudah berikutnya adalah dengan menggunakan garam dapur. Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Itulah sebabnya, garam dapat digunakan sebagai obat rumahan yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah pada mulut.

Coba berkumur menggunakan air garam untuk dapat meredakan sariawan. Caranya, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

3. Jus Lemon

Berikutnya bisa juga dengan menggunakan jus lemon yang memiliki kemampuan antiseptic. Tak hanya itu, lemon juga mengandung antijamur yang dapat membantu melawan jamur penyebab sariawan.

Caranya, masukkan air perasan setengah buah lemon ke dalam secangkir air hangat atau dingin sesuai selera. Oleskan langsung air perasan lemon ke bagian mulut yang terkena sariawan. Hanya saja, air lemon yang terlalu asam dapat menyebabkan rasa terbakar ataupun iritasi.

4. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah mulut selama berabad-abad. Minyak cengkeh hingga kini menjadi antiseptik dan pereda nyeri.

Caranya juga mudah: seduh satu sendok teh cengkeh dalam satu gelas air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu saring, kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

5. Cuka Sari Apel

Menurut studi tahun 2015, cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang dapat menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk mengobati sariawan. Caranya, campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam satu gelas air. Selanjutnya, gunakan larutan tersebut untuk berkumur setidaknya selama 15 detik.

Namun demikian, obat sariawan tak selamanya ampuh melawan infeksi. Bila sariawan tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter ya!



Simak Video "Klarifikasi Nadiem Makarim soal 'Shadow Organization' di Kemendikbud"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)