Kata Pengamat soal Ungkapan Ganjar yang Tak Berjarak dengan Jokowi

Tim detikNews - detikBali
Jumat, 12 Agu 2022 08:47 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi.
Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi. (Dok. Twitter @ganjarpranowo)
Bali -

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno megomentari ungkapan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang sempat menyebut tidak berjarak dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adi menilai, ungkapan Ganjar tersebut ingin menegaskan bahwa dirinya dekat dengan Jokowi secara politik.

"Semacam penegasan bahwa Ganjar tak berjarak dengan Jokowi. Pertama tentu sebagai upaya membela diri dari berbagai macam tudingan belakangan ini, bahwa Ganjar dituding tak nyambung dengan Jokowi ketimbang Prabowo yang lebih nyambung. Kedua, Ganjar terus ingin teridentifikasi sebagai orang terdekatnya Jokowi," kata Adi saat dihubungi, Kamis (11/8/2022) dikutip dari detikNews.

Menurut peneliti dari UIN Syarif Hidayatullah itu, ungkapan Ganjar tersebut ingin menunjukkan sebagai orangnya Jokowi. Hal serupa, kata dia, juga dilakukan kandidat calon presiden (capres) lain.


"Semua figur belakang ini memang saling menidentifikasi diri sebagai President's Man. Karena Jokowi dinilai punya kekuatan penting di (Pemilu) 2024 nanti," imbuhnya.

Di sisi lain, Adi juga menilai bahwa tak semua kandidat calon presiden ingin menunjukkan dirinya mendapatkan dukungan Jokowi. Sebut saja misalnya Anies Baswedan dan Agus Hari Murti Yudhoyono.

"Kecuali Anies (Baswedan) dan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) yang mengambil jarak tegas dengan Jokowi," katanya.

Dilansir dari detikNews, Ganjar Pranowo memuji penampilan Presiden Jokowi. Ganjar menyebut Jokowi tak kenal lelah soal pekerjaan meskipun penampilannya sederhana. Pujian itu diunggah Ganjar di akun Twitter resmi miliknya, seperti dilihat pada Kamis (11/8/2022).

"Salah satu yang membuat saya dan mungkin yang lainnya tidak merasa kikuk atau berjarak dengan Presiden @jokowi adalah penampilan beliau yang sederhana. Penampilan seperti kita-kita ini. Kemeja putih, celana hitam. Ibu Iriana juga demikian. Benar-benar santai," tulis Ganjar (sudah disesuaikan dengan kaidah Bahasa Indonesia).

"Tapi kalau soal kerja, wah. Jangan ditanya. Pengennya gas terus," ujarnya.

Ganjar juga menyertakan foto dalam cuitannya tersebut. Tampak dalam foto tersebut ia sedang berjalan bersama Jokowi. Ganjar mengenakan pakaian dinas gubernur, sedangkan Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

"Dan hari ini saya mendampingi beliau untuk melakukan penanaman di Kab. Boyolali dan Sukoharjo," imbuhnya



Simak Video "Saat Ganjar Kelihatan 'Jaga Jarak' dengan Jokowi di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/irb)