Pembobol Pusat Gadai di Denpasar yang Bugil Itu Ternyata Seleb Tiktok

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Senin, 08 Agu 2022 17:41 WIB
Pelaku pembobolan pusat gadai di Denpasar yang beraksi dengan kondisi bugil dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolsek Denpasar Barat, Senin (8/8/2022).
Pelaku pembobolan pusat gadai di Denpasar yang beraksi dengan kondisi bugil dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolsek Denpasar Barat, Senin (8/8/2022). (Foto: I Wayan Sui Suadnyana/detikBali)
Denpasar -

Masih ingat kasus pembobolan pusat gadai di Denpasar yang pelakunya beraksi dalam kondisi telanjang alias bugil beberapa waktu lalu? Pelaku bernama lengkap Taufik R Gani (27) itu ternyata seorang seleb Tiktok.

"Bisa dibilang seperti itu (sebagai seleb Tiktok), yang bersangkutan aktif sekali di media sosial, khususnya Tiktok," kata Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Made Hendra Agustina saat konferensi pers di kantornya, Senin (8/8/20222).

Hendra mengatakan, Taufik R Gani telah memiliki pengikut atau followers yang cukup banyak di akun Tiktok-nya @taufikartistiktok. Penelusuran detikBali terhadap akun tersebut, jumlah follower Taufik R Gani telah mencapai 26,6 ribu dan 135,5 ribu suka per Senin (8/8/2022).


Akun Tiktok @taufikartistiktok bukanlah akun pertama yang dimiliki oleh Taufik R Gani. Menurut Hendra, pria itu sebelumnya juga telah memiliki akun di media sosial lain dengan jumlah pengikut mencapai 1 juta akun.

Hendra juga menilai, aksi pencurian dengan pemberatan yang dilakukan dalam keadaan telanjang bulat alias bugil yang dilakukan oleh pelaku cukup unik. Pihaknya mengetahui aksi bugil tersebut melalui rekaman closed-circuit television (CCTV) yang ada di pusat gadai.

"Di mana dalam rekaman CCTV tersebut menunjukkan seorang laki-laki dengan tanpa menggunakan busana sama sekali melakukan aksi pencurian," jelas Hendra.

Melalui rekaman CCTV itu pula, kepolisian mendapatkan petunjuk. Polisi mengidentifikasi pelaku mempunyai tato dengan motif tertentu di tubuhnya. Pelaku yang membobol pusat gadai barang di Jalan Teuku Umar Nomor 231, Desa Dauh Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali, itu ditangkap akhir Juli lalu.

"Berbekal daripada itu kami melakukan penelusuran penyelidikan secara langsung maupun dengan media sosial yang ada. Kami mendapatkan satu akun Tiktok di mana orang yang berada di akun tersebut mempunyai ciri-ciri yang sangat identik hampir 100 persen identik," terang Hendra.

"Di situlah kami yakin bahwa yang bersangkutan sebagai pelaku. Tetapi kami tetap melakukan penyelidikan untuk kejadiannya sendiri itu tanggal 24 Juli 2022, tertangkapnya pelaku tanggal 28 Juli 2022. Itu lima hari kami melakukan pendalaman terkait dengan kasus yang terjadi di pusat gadai yang berada di Jalan Teuku Umar," tambahnya.

Menurut Hendra, alasan pelaku melakukan aksinya dengan bugil lantaran kesulitan masuk ke ruang utama pusat gadai. Sebab, ruangan tersebut merupakan ruang utama atau ruang penyimpanan pusat gadai.

"Ketika masuk ke ruang utama ada lapisan besi. Jadi dia menggunakan sarana-prasana yang ada, digerinda terlebih dahulu pintu besinya, lalu setelah itu yang bersangkutan masuk. Akan tetapi karena kesulitan masuk ke ruang utama, yang bersangkutan mencopot semua pakaiannya," ungkapnya.

"Memang kemarin kita sempat lihat ada beberapa luka gores yang ada di tubuh tersangka itu karena kesulitan masuk. Tapi dengan dia melepas pakaiannya dia bisa masuk ke dalam," imbuh Hendra.

Foto: Seleb Tiktok penjebol pusat gadai di Denpasar yang beraksi dalam kondisi telanjang. (I Wayan Sui Suadnyana/detikBali)



Simak Video "Geger Seleb TikTok Gelar Pesta Ultah di Bekasi Berujung Disidang"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/kws)