Besok, Tim RSUD Wangaya Lakukan Penanganan Patah Tulang Bocah Telantar

I Wayan Sui Suadnyana - detikBali
Rabu, 20 Jul 2022 16:42 WIB
Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Wangaya Denpasar Ida Bagus Gede Ekaputra
Foto: Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Wangaya Denpasar Ida Bagus Gede Ekaputra (I Wayan Sui Suadnyana/detikBali)
Denpasar -

Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wangaya Denpasar segera mengambil tindakan terkait patah tulang yang dialami bocah mengaku bernama Naya (4), yang ditemukan telantar di Jalan Bedugul, Desa Sidakarya, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Tindakan terhadap patah tulang itu rencananya dilakukan pada Kamis (21/7/2022) besok.

"Besok rencananya akan diadakan penanganan terhadap patah tulangnya nika, yaitu kita kembalikan posisinya dibawa (ke) general posisi, dibius umum, kemudian dilakukan fiksasi supaya tidak bergerak lagi," kata Wakil Direktur Medik dan Keperawatan RSUD Wangaya Denpasar, Ida Bagus Gede Ekaputra, Rabu (20/7/2022).

Ekaputra menegaskan, tindakan yang dimaksud bukanlah operasi, melainkan dilakukan pengembalian tulang ke posisi sebenarnya. Dengan upaya ini, tulang nantinya diharapkan bisa tumbuh.


"Dilakukan tindakan, bukan operasi, jadi dikembalikan posisi tulangnya, kemudian fiksasi supaya kembali tumbuh," jelas Ekaputra.

Sebelum dilakukan tindakan, pihaknya kini sedang mempersiapkan pemeriksaan laboratorium. Paramedis juga melakukan konsultasi dengan dokter anestesi dan dokter anak sebelum dilakukan tindakan.

"Juga konsul ke dokter anestesi, jadi sedang diperiksa, jadi juga ke dokter anak lagi. Sehingga hari ini mudah-mudahan bisa fit, kondisinya bagus, sehingga kita harapkan tindakan besok bisa berjalan dengan baik dan berhasil dengan sempurna," harap Ekaputra.

Menurut Ekaputra, kondisi psikis dari anak tersebut saat ini juga baik. Nyeri akibat patah tulang pada paha kanan sudah hampir tidak dirasakan karena sudah dilakukan penanganan secara medis. Kemudian secara psikologis, psikolog juga telah berkomunikasi dengan anak tersebut.

"Kondisi anak ceria, jadi kondisi psikis sudah bagus, fisik sudah diperbaiki secara medis, mudah-mudahan nanti siap untuk dilakukan tindakan besok," harapnya.

Ekaputra juga berharap bahwa tindakan atas patah tulang yang dialami oleh bocah itu bisa diambil sekali saja. Namun, semua itu tergantung dengan situasi dan kondisi pasien nantinya.

"Tergantung situasi, mudah-mudahan sekali bisa selesai. Tergantung kan diharapkan sehari bisa selesai, tapi kan tergantung situasi nanti, kalau memang perlu lanjutan, tapi mudah-mudahan tidak, mudah-mudahan sekali bisa," harap dia.

Untuk diketahui, Naya saat ini sedang dirawat di Ruang Kaswari 408 RSUD Wangaya Denpasar. Anak usia empat tahun yang memiliki nama asli Ni Ketut Ayu Sumiasih itu dirawat didampingi oleh ayah kandungnya I Nyoman Gede Warga (43).



Simak Video "H. Naim, Pewaris Jurus Pijat Cimande"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)