Kepala BNN Tolak Legalisasi Ganja

Tim detikNews - detikBali
Kamis, 14 Jul 2022 09:54 WIB
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Petrus Reinhard Golose. Agung Pambudhy/detikcom
Kepala BNN Petrus Golose. Foto: Agung Pambudhy
Bali -

Terkait wacana legalisasi ganja untuk kepentingan medis, Kepala BNN Komjen Petrus Golose dengan tegas mengatakan pihaknya menolak wacana tersebut. Petrus berpandangan menyelamatkan generasi muda lebih penting dibanding melegalkan ganja.

"Saya sebagai Kepala BNN, saya lebih cenderung menyelamatkan generasi muda Indonesia, generasi bangsa ini, daripada melegalkan, itu sikap BNN," kata Petrus di gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022).

Petrus mengatakan ganja memang diperbolehkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Namun, dia menyebut, hingga kini belum ada upaya untuk melegalisasi ganja.


"Dalam undang-undang dibolehkan untuk ilmu pengetahuan. Sampai dengan sekarang belum ada legalisasi ganja. Sekali lagi saya sampaikan tidak ada sekarang legalisasi, sekarang baru ada isu-isu diantara kalian (awak media)," katanya.

Petrus lantas bercerita saat dia mendatangi forum United Nations. Petrus menyebut hanya Thailand yang setuju pelegalan ganja. Sementara RI, katanya, menyatakan sikap tidak setuju yang kemudian diikuti negara-negara lain.

"Sekali pada waktu di United Nations, voting satu suara memang dari schedule number four ke schedule number one, dan negara itu yang menyetujui Thailand," katanya.

"Tapi, dalam pembicaraan minister level untuk against drugs, saya juga berbicara atas nama bangsa Indonesia saya tidak setuju dan diikuti oleh beberapa negara Asean. Sampai sekarang Indonesia masih menetapkan ganja ilegal," lanjut Petrus.



Simak Video "Terkait Wacana Legalisasi Ganja Medis, Ini yang Jadi Sorotan PBNU"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)