Heboh Pria Ngaku Dewa Matahari di Lebak, MUI Beri Tanggapan

Heboh Pria Ngaku Dewa Matahari di Lebak, MUI Beri Tanggapan

Tim detikNews - detikBali
Rabu, 13 Jul 2022 10:36 WIB
Natrom, pria yang ngaku Dewa Matahari, saat dimintai klarifikasi oleh Kecamatan Bayah, Lebak, Banten.
Natrom, pria yang ngaku Dewa Matahari, saat dimintai klarifikasi oleh Kecamatan Bayah, Lebak, Banten. (Foto: Dok. istimewa)
Bali -

Seorang pria bernama Natrom (62) bikin heboh setelah menyebut dirinya sebagai Dewa Matahari. Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis meminta MUI setempat untuk mengedepankan pembinaan terhadap pria di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak, Banten, tersebut.

Dilansir dari detikNews, Cholil Nafis proses hukum bisa berjalan jika pria yang mengaku dewa matahari itu melakukan tindakan kriminal.

"Ya baiknya dibina aja, kecuali kalau dia melakukan kriminal dan mengganggu NKRI," kata Cholil Nafis kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).


Selain mengaku sebagai Dewa Matahari, pria tersebut juga diketahui melarang orang untuk salat. Menanggapi hal itu, Cholil menyarankan agar masyarakat berguru kepada orang yang memiliki keilmuan jelas.

"Baiknya cari guru yang jelas rekam jejak keilmuan dan pengamalannya," katanya.

Diberitakan, seorang pria di Bekasi bernama Natrom menyebut dirinya sebagai Dewa Matahari. Pria tersebut diketahui berprofesi sebagai wirausahawan atau pebisnis dan memiliki penginapan hingga perkebunan di wilayah Lebak Selatan.

"Dia punya beberapa penginapan yang dapat beli dan hasil gadai. Pekerjaannya gitu, jaga penginapan sama punya lahan perkebunan yang digarap warga," ujar Camat Bayah Khaerudin seperti dikutip dari detikNews, Rabu (13/7/2022).

Adapun pengakuan Natrom sebagai Dewa Matahari bermula dari laporan oleh para pekerjanya. Mendapat laporan, pihak kecamatan lantas memanggil Natrom untuk mengklarifikasi.

"Waktu ditanya gitu, ngoceh nggak jelas, ngaku Dewa Matahari," tuturnya.

Di depan pekerjanya, Natrom pun mengaku sebagai orang yang paling hebat.

"Yang kerja sama dia itu selalu dilarang salat. Kata Natrom gini ke yang kerja sama dia, 'nggak usah salat'. Terus pekerjanya disuruh ngikutin dia kalau memang mau kaya. Pokoknya dia merasa yang paling hebat," tuturnya.

Simak Video 'Mengaku Sebagai 'Dewa Matahari', Pria di Lebak Larang Orang Salat':

[Gambas:Video 20detik]



(iws/iws)