Bertemu Zelensky, Jokowi Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan ke Putin

Bertemu Zelensky, Jokowi Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan ke Putin

Tim detikNews - detikBali
Kamis, 30 Jun 2022 05:51 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bali -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dan berbincang dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Kedua kepala negara itu tampak berdiskusi di sebuah meja bundar kecil. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi sempat menawarkan diri sebagai penyampai pesan untuk Presiden Putin.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Presiden Jokowi berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang dikutip dari detikNews.

Jokowi menyebut kunjungannya tersebut adalah untuk misi perdamaian. Kunjungan tersebut sekaligus sebagai bentuk kepedulian Indonesia terkait situasi yang dihadapi Ukraina.


"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menegaskan posisi RI tentang pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Jokowi tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai, meskipun untuk saat ini sulit untuk diwujudkan.

Dilansir dari detikNews, Zelensky menyambut baik kedatangan Presiden Jokowi. Zelensky menyebut Jokowi sebagai pemimpin Asia pertama yang mengunjungi Kyiv sejak perang.

"Ukraina sangat menghargai dukungan rakyat Indonesia dan dukungan personal Presiden Joko Widodo @jokowi selama perang untuk kebebasan dan kemerdekaan negara kami ini," tulis Zelensky melalui akun Instagram resmi miliknya, Rabu (29/6/2022).

Zelensky juga menyampaikan terima kasih kepada Jokowi. Ia menyebut Jokowi merupakan pemimpin negara Asia pertama yang mengunjungi Kyiv sejak perang antar Ukraina-Rusia terjadi.

"Terima kasih atas kunjungan pertama Presiden Indonesia ke Ukraina dalam sejarah hubungan diplomatik. Dan kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kyiv sejak awal perang Rusia skala penuh," imbuhnya.

Simak Video 'Zelensky Terima Undangan Jokowi untuk Datang KTT G20 Bali, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(iws/iws)