Vespa World Days 2022 Bali

VWD 2022, Bengkel Spesialis Vespa di Jembrana Ketiban Berkah

I Ketut Suardika - detikBali
Jumat, 10 Jun 2022 10:44 WIB
Suasana Bengkel Aby spesialis Vespa di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan, Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali (10/6/2022).
Suasana Bengkel Aby spesialis Vespa di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan, Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali (10/6/2022). (Foto: I Ketut Suardika/detikBali)
Jembrana -

Helatan Vespa World Day (VWD) 2022 di Nusa Dua ternyata mendatangkan berkah bagi bengkel spesialis Vespa di Jembrana, Bali. Hal itu lantaran banyaknya Vespa yang bermasalah saat tiba di Pulau Dewata melalui Pelabuhan Gilimanuk. Para penunggang Vespa itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan datang ke Bali untuk mengikuti VWD 2022.

Bagus Fahriansyah Habiburahman, asal Mojokerto, Jawa Timur mengaku Vespa miliknya bermasalah saat masuk hutan Cekik, Gilimanuk. Lantaran sel roda motornya bermasalah dan tidak bisa direm, ia pun membawa Vespa itu ke Aby Bengkel di Lingkungan Loloan Timur, Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali.

"Saya taunya bengkel ini dari teman komunitas besi. Salah satu komunitas Vespa yang akan ke Bali juga," kata Bagus saat ditemui detikBali di bengkel Aby.


Ada juga pemilik Vespa asal Jembrana, Agung Darma yang motornya sempat rusak di tengah perjalanan menuju Nusa Dua. Saat berangkat dan sampai daerah Tegal Cangkring, ia pun terpaksa kembali ke arah Kota Negara untuk diperbaiki ke Aby Bengkel .

"Karena sudah langganan, bawa ke bengkel perbaiki kopling," ungkapnya.

Pemilik Aby Bengkel, Abiburahman (28) membenarkan banyaknya Vespa yang masuk ke bengkel ini untuk diperbaiki. Dari sekian banyak Vespa yang dibawa, kerusakannya berbeda-beda. Ada yang kondisinya mati total, ada juga yang hanya perlu perbaikan ringan atau servis berkala.

"Kemarin ada yang dari Kalimatan datang servis, karena mogok," kata Abiburahman saat ditemui detikBali di bengkelnya, Jumat (10/6/2022).

Selain dari Kalimantan, ada juga pengendara Vespa dari Papua, Jakarta, Sulawesi, dan sejumlah kabupaten/kota di Indonesia yang datang ke bengkel miliknya.

"Saking banyaknya, saya sampai lembur sampai malam," kata Abiburahman.

Pria yang akrab disapa Aby ini mengungkapkan, sebagian besar pemilik Vespa meminta agar motornya dikerjakan lebih awal untuk mengejar acara VWD 2022 di Nusa Dua. Ia pun mengaku sempat kebingungan saat hendak memperbaiki motor-motor yang antre di bengkelnya.

Saking banyaknya, ada juga Vespa yang belum sempat dia perbaiki karena kerusakannya sangat parah dan membutuhkan waktu lebih lama.

"Bingung mau ngerjain yang mana, karena semuanya minta cepat," ungkapnya.

"Yang lama biasanya karena spare part-nya belum ada. Jadi harus pesan dulu, kadang nunggu datangnya juga lama," terangnya.

Ia menjelaskan perbedaan memperbaiki mesin Vespa dengan motor biasa. Memperbaiki Vespa, kata dia, membutuhkan pengetahuan khusus tentang mesin Vespa. Selain itu, saat memperbaiki pun membutuhkan ketelitian dan dituntut telaten.



Simak Video "Vespa World Day di Bali yang Bikin Bengkel Kebanjiran Orderan"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)