Klir! 7 Korban Gigitan Anjing Rabies di Tabanan Sudah Dapat VAR

Chairul Amri Simabur - detikBali
Minggu, 15 Mei 2022 21:59 WIB
Petugas saat melakukan vaksinasi sejumlah anjing di jalan Pulau Nias, Tabanan
Petugas saat melakukan vaksinasi sejumlah anjing di jalan Pulau Nias, Tabanan beberapa waktu lalu. (Foto: Dok.Detikcom)
Tabanan -

Dinas Kesehatan (Diskes) Tabanan mengklaim tujuh orang yang dikabarkan sempat digigit anjing positif rabies di Jalan Pulau Nias, Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan telah memperoleh vaksinasi rabies (VAR).

"Sudah semuanya teridentifikasi dan dapat VAR. Tujuh orang itu," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Tabanan, dr I Nyoman Susila, Minggu (15/5/2022).

Ia menjelaskan, dua orang yang semula belum teridentifikasi mendapatkan VAR.


"Yang lagi dua orang ini hanya dapat VAR. Jadi cuma satu yang dapat SAR (serum antirabies) karena berisiko tinggi," pungkasnya.

Di sisi lain, Dinas Pertanian (Distan) Tabanan memperluas area vaksinasi darurat menyusul temuan kasus positif rabies pada hewan.

Sejauh ini, perluasan area vaksinasi dilakukan di Jalan Rajawali yang masih berdekatan dengan Jalan Pulau Nias, Tabanan.

Kepala Dinas Pertanian Tabanan, I Nyoman Budana, menjelaskan total ada 183 ekor anjing yang disuntik vaksin rabies secara door to door atau dari rumah ke rumah.

Semula di Jalan Pulau Nias Tabanan vaksinasi dilakukan sebanyak 105 ekor anjing. "Terakhir di Jalan Rajawali dilakukan vaksinasi terhadap 78 ekor anjing," jelas Budana.

Selain itu, pihaknya pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Tabanan juga melakukan eliminasi lagi terhadap tiga ekor anjing. Jadi total ada enam ekor anjing yang dieliminasi.

"Tapi yang positif tetap satu ekor. Tambahan lagi tiga ekor yang dieliminasi hasil pemeriksaan laboratoriumnya negatif," pungkasnya. (*)



Simak Video "Balita Suspek Rabies di Jembrana Meninggal, Puluhan Anjing Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)