Jatim

18 Anggota Polisi Operator Senjata Pelontar di Kanjuruhan Diperiksa

Tim detikJatim - detikSumut
Senin, 03 Okt 2022 16:56 WIB
Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan: Aturan FIFA dan Penjelasan Polisi
Foto: AFP via Getty Images/STR
Medan -

Polri menurunkan tim untuk melakukan investigasi terkait kerusuhan di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang. Tim itu akan memeriksa 18 orang anggota polisi yang dianggap bertanggung jawab terhadap senjata pelontar saat peristiwa itu terjadi.

"Tim dari pemeriksa Bareksrim untuk secara internal dari Itsus dan Propam melakukan pemeriksaan anggota yang terlibat langsung dalam pengamanan. 18 orang anggota yang bertanggung jawab atau operator senjata pelontar didalami Itsus dan Propam," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedy Prasetyo dilansir dari detikJatim, Senin (3/10/2022).

Irjen Dedy mengatakan tim yang diturunkan juga akan memeriksa manajer pengamanan. Yang akan diperiksa anggota mulai dari tingkat perwira (pertama) hingga pamen.


"Juga mendalami terkait masalah manajer pengamanan, mulai pangkat perwira (pertama) sampai pamen," kata Dedy.

Sebelumnya, Irjen Dedy mengatakan bahwa tim investigasi juga akan melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang terkait dengan pertandingan. Mereka yang akan diperiksa adalah Direktur Liga Indonesia Baru (LIB), Ketua PSSI Jatim, ketua panpel, dan Kadispora Jatim. Tim labfor juga sedang mendalami dan menganalisa 32 CCTV serta 6 HP.



Simak Video "Survei Siapa Paling Bertanggung Jawab atas Tragedi Kanjuruhan: Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)