Stadion Teladan Tergenang, Laga Karo United Vs Sriwijaya FC Ditunda

Nizar Aldi - detikSumut
Selasa, 27 Sep 2022 20:50 WIB
Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno (dua kiri) saat konferensi pers di Stadion Teladan Medan
Foto: Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno (dua kiri) saat konferensi pers di Stadion Teladan Medan (Nizar Aldi/detikSumut)
Medan -

Karo United dijadwalkan menjamu Sriwijaya FC dalam lanjutan Liga 2 Wilayah Barat pekan keenam. Namun, akibat lapangan di stadion tergenang hujan, laga keduanya harus ditunda.

Kedua tim dijadwalkan berlaga di Stadion Teladan Medan, Selasa (27/9/2022). Kickoff laga tersebut seharusnya dimulai pukul 16.00.

Namun karena hujan deras yang mengguyur Kota Medan sejak pukul 15.00 WIB, lapangan di stadion tersebut tergenang banjir. Hujan sempat berhenti sekitar pukul 16.00 WIB, para panitia terlihat berjibaku untuk menguras air dengan secara manual.


Sekitar pukul 16.40 WIB, mobil untuk menyedot air dari milik PDAM Tirtanadi didatangkan, namun sayang hujan kembali mengguyur Kota Medan. Bukannya terkuras, genangan air semakin banyak di lapangan tersebut.

Tim wasit beberapa kali terlihat mengecek lapangan dan menguji pergerakan bola di genangan air tersebut. Namun dari hasil pengujian dan melihat hujan terus mengguyur Kota Medan, pertandingan kedua kesebelasan ini harus ditunda.

Penundaan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno. Penundaan tersebut kata Sudjarno sudah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pihak PT LIB.

"Kita sudah tahu persis kondisinya, bahwa kondisi kita semua tidak menginginkan. Semua langkah sudah kita lakukan. Sesuai dengan regulasi liga 2 2022/2023, ketika satu match yang akan dimainkan, ketika ada kendala cuaca seperti ini kita ikuti aturannya," kata Sudjarno saat konferensi pers di Stadion Teladan Medan.

Dalam aturan tersebut, apabila ada kendala berupa cuaca, maka akan diberi waktu toleransi pertama selama 30 menit. Sesudah itu 30 menit kemudian untuk melihat situasi lapangan, dan akhirnya akan diambil keputusan.

"30 menit pertama sejak kickoff ada toleransi pertama untuk dipertimbangkan. Ternyata 30 menit pertama sudah terlewati, kita 30 menit kedua sudah terlewati dan itu harus diambil keputusan. Disitulah ada kesepakatan atau tidak," ujarnya.

Baik Karo United maupun Sriwijaya FC sama-sama ingin pertandingan tetap dilanjutkan. Hal itu disebabkan karena keduanya sudah mengatur jadwal untuk setiap sesi selama Liga 2 bergulir, dan akan menjalani laga lanjutan Sabtu mendatang.

"Saya dengar Karo United ingin main, Sriwijaya juga. Dua-duanya punya kepentingan. Terutama tim tamu yang akan menjalankan match termasuk Karo United away ke PSPS. Sriwijaya FC juga away ke PSKC. Tentu sudah punya rencana atau planning masing - masing," ucapnya.

Namun, karena dalam pertemuan tersebut tidak ada kesepakatan, akhirnya keputusan diambil oleh PT LIB. Setelah diskusi secara virtual dengan tim, maka PT. LIB selaku penyelenggara memutuskan menunda laga kedua tim.

"Maka, ketika tidak ada titik temu, keputusannya ada di PT LIB. Baru saja kita secara virtual dengan tim kita (PT LIB) kita bedah jadwalnya, maka diputuskan bahwa pertandingan match Karo United melawan Sriwijaya FC ditunda. Dan akan kita jadwalkan ulang melalui sirkuler," sebutnya.

Jadwal laga keduanya nanti akan diumumkan oleh pihak PT LIB secara langsung. Stadion Teladan tetap akan menjadi lokasi kedua tim bentrok nanti.

"Karo United tetap jadi home, tapi terkait jadwal nanti kita akan beri tahu lebih lanjut. Khusus untuk LOC, apalagi di sini ada dua pertandingan dua klub sebagai home base," sebutnya.

Sudjarno pun memberikan catatan untuk Stadion Teladan yang menjadi kandang bagi PSMS Medan dan Karo United karena adanya genangan air ini.

"Kita akan buat catatan nanti, mau PSMS atau Karo United nanti akan kita kasih catatan. Jadi, tolong diperbaiki lagi seperti tadi kalau ada yang tergenang. Ada caranya pasti kalau tekhnis, itu biasa juga bukan hal yang aneh," jelasnya.



Simak Video "Sakit Hati Dibilang Pengangguran, Pria di Medan Tusuk Keponakan"
[Gambas:Video 20detik]
(afb/afb)