Mendag Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

Nasional

Mendag Zulhas Bantah Titip Keponakan Masuk Unila

Tim detik - detikSumut
Rabu, 30 Nov 2022 16:13 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) melepas ekspor ikan sarden produk dalam negeri ke Australia senilai US$ 902.000 atau Rp 14,1 miliar (kurs Rp 15.700).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Foto: Dok. Kemendag)
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membantah telah menitipkan keponakannya untuk bisa masuk ke Universitas Negeri Lampung. Ketua Umum PAN itu juga mengaku tidak kenal dengan Rektor Unila nonaktif Prof Karomani.

"Saya tidak punya ponakan yang daftar ke Unila," ujarnya dilansir detikNews, Rabu (30/11/2022).

Karena merasa tidak pernah menitipkan keponakannya masuk Unila, Zulhas juga mengaku tidak pernah memberikan uang sogokan.


"Apalagi kasih uang, juga tidak kenal dengan Prof Karomani," ujarnya.

Sebelumnya Prof Karomani memberikan keterangan bahwa Mendag Zulhas menitipkan keponakannya agar masuk Unila. Keponakan Zulhas itu bernama Zaky Algifari.

Pengakuan Prof Karomani itu diketahui ketika JPU KPK mencecar Rektor Unila Prof Karomani yang bersaksi untuk terdakwa Andi Desfiandi. Karomani sendiri dihadirkan JPU KPK bersama tiga orang lainnya yakni Dekan Fakultas Teknik Unila Helmy Fitriawan, Ketua Apindo Ary Meizari dan Dosen Unila Mualimin untuk menjadi saksi atas terdakwa Andi Desfiandi.

"Ini ada nama Zulkifli yang menitipkan mahasiswa bernama Zaky Algifari, siapa Zulkifli ini," tanya JPU pada sidang lanjutan di PN Tanjung Karang, Bandar Lampung, Rabu (30/11/2022).

"Iya itu Pak Menteri Zulkifli Hasan," jawab Karomani.

Pengakuan ini diutarakan Karomani saat JPU KPK menunjukkan satu buku catatan yang berisi nama-nama orang yang menitipkan mahasiswa di Universitas Lampung.

"Nama itu merupakan titipan dari Ary Meizari, dia menitipkan dua mahasiswa yang di mana satu keponakannya Pak Menteri dan satu keponakannya Ary atas nama Zalfa Aditia Putra," ujar Karomani.



Simak Video "Zulhas Cerita Banyak Teman Kasih Saran Jangan Ambil Kursi Mendag"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)