Tarik Minat Wisatawan, Pemkab Bengkulu Tengah Gelar Festival Durian

Bengkulu

Tarik Minat Wisatawan, Pemkab Bengkulu Tengah Gelar Festival Durian

Hery Supandi - detikSumut
Sabtu, 17 Sep 2022 21:15 WIB
Pemkab Bengkulu Tengah menggelar festival durian. Durian itu dibagikan gratis ke masyarakat yang hadir. (Hery Supandi/detikSumut)
Pemkab Bengkulu Tengah menggelar festival durian. Durian itu dibagikan gratis ke masyarakat yang hadir. (Hery Supandi/detikSumut)
Bengkulu Tengah -

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah punya menggelar festival durian. Kegiatan ini digelar dalam rangka menarik minat wisatawan hadir.

Ada seribu buah durian yang disiapkan pada festival kali ini, semuanya dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang hadir. Benguku Tengah memang dikenal sebagai daerah penghasil durian di Provinsi Bengkulu.

"Karena daerah ini penghasil durian, maka kami membuat festival ini agar bisa menarik wisatawan datang," ujar Penjabat Bengkulu Tengah Heryandi Roni, Sabtu (17/9/2022).


Roni mengatakan setiap kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki kebun durian, dan semuanya tengah berbuah. "Festival durian digelar agar kabupaten Bengkulu Tengah bisa dikenal oleh kelezatan buah duriannya," katanya.

Menurut dia, festival durian ini akan menjadi event tahunan, dan akan dikemas lebih baik. "Selain buah durian, masyarakat setempat juga bisa mempromosikan produk olahan buah durian, seperti dodol dan sambal tempoyak khas kabupaten Bengkulu Tengah," tuturnya.

Salah satu pengunjung festival durian ini adalah Dewi. Dia datang bersama keluarganya jauh-jauh dari Kota Bengkulu karena ingin menikmati durian secara gratis.

"Saya suka durian, anak saya baru berumur 10 bulan juga suka durian, itulah kami datang ke sini," kata Dewi.

Bahkan para pengunjung sengaja datang dari kabupaten tetangga untuk menikmati buah durian secara gratis, mereka berharap festival durian ini bisa menjadi agenda rutin.

"Enak duriannya dan gratis bisa makan sepuasnya, semoga ini bisa menjadi agenda rutin setiap ada musim durian," jelas Dewi.

Festival Durian di Kabupaten Bengkulu Tengah ini baru pertama kali dilakukan, dan rencananya akan menjadi salah satu agenda dalam kalender wisata. Dengan adanya festival ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya petani buah durian, dan menjadikan kabupaten sebagai kabupaten agrowisata buah durian.



Simak Video "Manis Legit Durian Mentega Khas Lereng Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]
(astj/astj)