Naik Pesawat Wajib Booster, Bandara Kualanamu Sediakan Layanan Vaksinasi

Naik Pesawat Wajib Booster, Bandara Kualanamu Sediakan Layanan Vaksinasi

Kartika Sari - detikSumut
Senin, 29 Agu 2022 19:00 WIB
Bandara Kualanamu hingga Soekarno-Hatta ramai oleh penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalan di puncak arus balik lebaran. Seperti apa potretnya?
Bandara Kualanamu. (Foto: Antara Foto)
Medan -

Penumpang pesawat domestik yang melalui Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara diwajibkan sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster, mulai hari ini. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

"Ya, mulai hari sudah berlaku untuk syarat penerbangan dengan vaksinasi booster untuk di Bandara Kualanamu," ungkap Head Of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura Aviasi Dedi Al Subur kepada detikSumut, Senin (29/8/2022).

Berdasarkan surat edaran itu, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau penumpang pesawat domestik dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster. Sementara PPDN dengan usia 6-17 tahun wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua.


Adapun bagi PPDN berstatus warga negara asing (WNA) yang berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksin dosis kedua. Bagi PPDN berstatus WNA yang berasal perjalanan luar negeri dengan usia 6-17 tahun dikecualikan dari kewajiban vaksinasi.

Sementara bagi PPDN di bawah usia 6 tahun dikecualikan dari syarat vaksinasi namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi COVID-19.

Ia mengatakan, SE itu juga mengatur apabila PPDN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak bisa menerima vaksinasi maka dikecualikan dari syarat vaksinasi dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Setiap WNI yang melakukan penerbangan di rute domestik wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan memenuhi persyaratan perjalanan sesuai surat edaran itu.

Untuk membantu para calon penumpang pesawat, pihak Bandara Kualanamu juga menyediakan layanan vaksinasi di ruang keberangkatan.

"Kita menyediakan layanan vaksinasi di ruang keberangkatan mulai dari pukul 08.00-10.00 WIB. Ini sudah kita buka sejak bulan Juli lalu, jadi calon penumpang dapat melakukan vaksin di bandara," ucapnya.



Simak Video "Penumpang Pesawat Domestik Enggak Perlu Tes Antigen-PCR, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)