Sumatera Selatan

Akan Ada Vaksin COVID-19 Dosis Keempat, Nakes Jadi Target Awal

Prima Syahbana - detikSumut
Rabu, 27 Jul 2022 18:52 WIB
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19.
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Worayuth Kamonsuwan)
Palembang -

Pemerintah bakal melakukan vaksinasi COVID-19 dosis keempat, dalam waktu dekat. Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sidikin menyebut tenaga kesehatan (nakes) yang akan di utamakan untuk diberikan vaksin tersebut.

"Sebentar lagi akan kita laksanakan (vaksinasi dosis keempat) dan kita utamakan ke nakes (tenaga kesehatan) dulu," kata Budi, di Palembang, Rabu (27/7/2022).

Dia menjelaskan mengapa nakes yang mejadi target awal vaksinasi dosis keempat tersebut. Dia menilai, nakes merupakan garda terdepan yang setiap saat menangani pasien COVID-19, baik di tinggkat klinik, puskesmas hingga rumah sakit.


Selain itu, katanya, vaksinasi dosis keempat ini memang harus dilakukan, karena vaksinasi yang dilakukan untuk memberi kekebalan kepada masyarakat akan berkurang manfaatnya setelah enam bulan.

"Nakes adalah garda terdepan menangani kasus tersebut (COVID-19), ya karena memang setelah enam bulan, data menunjukkan imunitasnya akan menurun kadarnya," terangnya.

Ketika ditanya soal stok vaksin dosis keempat tersebut, menurut Budi, pemerintah sudah menyiapkannya.

Khusus untum nakes di Indonesia yang jumlahnya kurang lebih 4 juta jiwa, sambungnya, stok vaksin tersebut saat ini sudah mencukupi.

"Banyak banget (stok vaksin) kita berlebih. Dan nakes kita di Indonesia kan ada 4 juta. Dan kita sudah siap," jelas Budi.



Simak Video "Golongan yang Disebut Perlu Diprioritaskan untuk Vaksinasi Booster Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/dpw)