Liga 1 Bakal Pakai Format Home Tournament, PSSI Tunggu Presiden FIFA Datang

Liga 1 Bakal Pakai Format Home Tournament, PSSI Tunggu Presiden FIFA Datang

Abadi Tamrin - detikSulsel
Minggu, 16 Okt 2022 20:31 WIB
Logo Liga 1
Liga 1 2022/2023 disiapkan bakal menggunakan format home tournament. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Makassar -

Liga 1 2022/2023 rencananya bakal kembali diputar akhir November mendatang. Format pertandingan pun dipertimbangkan untuk diubah menjadi home tournament namun kepastiannya menunggu kedatangan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Ketua Tim Investigasi PSSI untuk Tragedi Kanjuruhan, Ahmad Riyadh mengatakan, PSSI sedang menyusun banyak alternatif untuk kelanjutan kompetisi Liga 1 ke depan. Salah satunya adalah menggunakan format home tournament.

"Kepastiannya tunggu tanggal 18 (Oktober) yah. Kita tunggu Presiden FIFA datang," kata Ahmad Riyadh kepada detikSulsel, Minggu (16/10/2022).


"Banyak alternatif. Nanti biar formatnya gak salah, biar final dengan FIFA dulu," sambungnya.

Saat ini, Liga 1 baru berjalan 11 pekan, artinya masih tersisa 23 pekan lagi. Sementara Liga 1 harus selesai pada April 2023 supaya tidak mengganggu program tim nasional dan laga-laga International tahun depan.

"Yah kira-kira bisa molor dikit lah. Tapi diusahakan bisa selesai tepat waktu. Ini juga penyesuaiannya kan banyak (agenda), piala dunia, timnas, sama kompetisi itu sendiri nanti bagaimana," jelasnya.

Sejauh ini, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menentukan format yang dipakai untuk melanjutkan kompetisi.

Musim lalu, Liga 1 digelar dengan sistem home tournament dengan dibagi menjadi lima series. Seri pertama digelar di Jabodetabek. Seri kedua dan ketiga dimainkan di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lalu, seri keempat dan kelima diselenggarakan di Bali.



Simak Video "FIFA dan AFC Temui PSSI Bahas soal Kanjuruhan dan Kelanjutan Liga"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/sar)