Pluim Main Lawan Barito, Peluang PSM Putus Tren Buruk Lawan Tim Papan Bawah

PSM Makassar

Pluim Main Lawan Barito, Peluang PSM Putus Tren Buruk Lawan Tim Papan Bawah

Alfiandis - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 10:15 WIB
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim pada sesi latihan di Stadion Kalegowa
Kapten PSM Makassar Wiljan Pluim Foto: Dok. PSM Makassar
Makassar -

PSM Makassar mendapat keuntungan setelah Operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengizinkan Wiljan Pluim bermain menghadapi Barito Putera di laga tunda pekan ke-6 BRI Liga 1 musim 2022/2023. Hadirnya Pluim di lini tengah Juku Eja membuka peluang untuk memutus tren buruk jika menghadapi tim papan bawah.

PSM Makassar kembali dijadwalkan akan melakoni Laga Away melawan Barito Putera di Stadion Demang Lehman, Martapura pada Senin (3/10) kick off berlangsung pada pukul 16.30 Wita.

"Secara permainan saya lihat kurang ada kombinasi bola trupas kedepan (lawan Persis Solo), karena mungkin tidak mainnya Pluim, kalau Pluim mainkan bisa memainkan bagaimana ritme permainan, kapan cepat, dan kapan lambat, (saat menghadapi Barito)," kata pengamat sepak bola Assegaf Razak kepada detikSulsel, Jumat (30/9/2022).


Hingga pekan ke-11, tim yang diarsiteki Bernardo Tavares ini masih mempertahankan rekor menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan hingga pekan ke-11 Liga 1 musim ini. Dari 10 laga yang telah dijalani, tim Ramang berhasil meraih 6 kemenangan dan 4 kali imbang.

Namun, tanpa diperkuat gelandang andalannya Wiljan Pluim pada 3 Laga Away, PSM hanya mampu memperoleh 3 poin di tiga Laga Away. Sehingga kehilangan sosok maestro di lini tengah Juku Eja ini cukup terasa.

Assegaf berharap, PSM dapat kembali ke tren positifnya dengan meraih poin penuh agar tetap bersaing di papan atas. Pasalnya, cukup riskan bagi tim Ramang tetap eksis di papan atas melihat beberapa tim mulai menanjak performanya.

"Tapi ini harus juga diantisipasi jangan sampai kita main drow lagi, drow itu kan hanya satu poin kita dapat sementara tim lain kalau dia menang itu yang repot," tuturnya.

Walau demikian, Eks pelatih PSM ini menegaskan, hasil imbang yang diperoleh bukanlah hal yang buruk. Menurutnya, hasil 1-1 di kandang lawan dan mempertahankan tren positif hingga saat ini lebih baik dibandingkan menelan kekalahan.

"Tapi secara keseluruhan hampir bagus karena kira bisa drow lagi di kandang lawan. Tapi masih kita yang terbaik karena kita Belum terkalahkan, tegasnya.

Sedikit gambaran, PSM banyak meraih hasil maksimal jika berhadapan dengan tim kuat seperti Bali United, Persib Bandung hingga Persebaya. Namun, jika menghadapi tim yang notabenenya penghuni papan bawah, mulai dari tim juru kunci Persik Kediri, Dewa United sampai Persis Solo Juku Eja hanya mampu meraup 1 poin.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(afs/alk)