Rapor 6 Pelatih PSM Makassar: Bernardo Tavares Terbaik, Poin Menang Terbanyak

PSM Makassar

Rapor 6 Pelatih PSM Makassar: Bernardo Tavares Terbaik, Poin Menang Terbanyak

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 24 Sep 2022 11:00 WIB
Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memuji fasilitas stadion lawan.
Pelatih Bernardo Tavares. Foto: Dok. PSM Makassar/Adhiaksa Mursalim
Makassar -

Bernardo Tavares menjadi salah satu pelatih terbaik yang dimiliki PSM Makassar. Dari 6 pelatih asing PSM sejak 2017, Bernardo menjadi yang terbaik dengan perolehan poin menang terbanyak di tiap laganya.

Sejak direkrut PSM pada 10 April 2022, Bernardo Tavares mengarsiteki Wiljan Pluim dan kawan-kawan sebanyak 17 pertandingan di semua kompetisi. Dari 17 laga tersebut, Bernardo mempersembahkan 9 kemenangan, 5 imbang, dan 3 kali kalah. Rata-rata poin yang diraihnya sebanyak 1,88 poin per laganya.

Rata-rata poin yang diraih Bernardo ini lebih baik dari pelatih-pelatih PSM sebelumnya. Seperti Robert Rene Alberts yang menangani PSM selama 3 musim dengan meraih 1,72 poin per laga. Juga lebih baik dari Darije Kalezic yang mempersembahkan trofi Piala Indonesia 2018/2019 untuk PSM yang hanya meraih poin 1,49 per laga.


Perolehan poin Bernardo disamai oleh Bojan Hodak yang meraih 1,88 poin per laga. Hanya saja, pelatih yang kini melatih untuk tim Malaysia, Kuala Lumpur City FC tidak menuntaskan liga yang dihentikan karena pandemi.

Sementara, pelatih PSM dengan perolehan poin kemenangan terendah adalah Joop Gall yang poinnya hanya 1,06 per laga. Kemudian disusul Milomir Seslija dengan 1,31 poin per laga.

Legenda PSM Makassar Yusrifar Jafar menilai, kunci sukses Bernardo bersama PSM disebabkan penerapan taktik yang sangat baik. Pelatih asal Portugal tersebut dianggap memiliki taktik yang sulit dibaca lawan. Berbeda dengan pelatih-pelatih PSM sebelumnya.

"Kalau pelatih PSM sebelumnya, di laga pertamanya memang bagus taktik dan strateginya, tapi begitu pertandingan ke-5 dan selanjutnya sudah terbaca lawan. Kalau ini (Bernardo) sulit dibaca taktiknya," kata Yusrifar Jafar kepada detikSulsel, Jumat (23/9/2022).

Selain itu, Pemain yang pernah mempersembahkan trofi liga untuk PSM pada musim 1992 dan 2000 ini menilai, taktik yang diterapkan Bernardo tergolong berhasil. Sebab perubahan-perubahan yang dilakukan dapat diterapkan dengan baik oleh para pemain.

"Dia (Bernardo Tavares) pelatih cerdas yang bisa meramu tim dengan taktik dan strategi yang dengan cepat dicerna sama pemain. Terutama bisa menyatukan pemain senior dan junior dengan berani melakukan rotasi," jelasnya.

Kesuksesan itu sejalan dengan skuad PSM musim ini yang tidak diperkuat pemain-pemain bintang. Pada jendela transfer lalu, PSM hanya merekrut pemain-pemain jebolan dari Liga 2 dan dari akademi PSM.

Meski begitu, Bernardo sukses membawa PSM konsisten di papan atas klasemen Liga 1 hingga pekan ke-10. Bahkan PSM menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan sejauh ini.

"Paling bagus gelandangnya PSM di Liga 1. Makanya performa PSM juga tidak pernah kalah," kata mantan penyerang sayap PSM tersebut.

Simak selengkapnya rapor 6 pelatih PSM Makassar di halaman selanjutnya.