PSM Makassar

FIFA Bekukan Federasi Sepak Bola India, Peluang PSM di AFC Cup Kian Terbuka

Tim detikSulsel - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 15:47 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - FEBRUARY 25:  A FIFA logo seen near the headquarter Home of FIFA ahead of tomorrows Extraordinary FIFA Congress to elect a new FIFA President at Hallenstadion on February 25, 2016 in Zurich, Switzerland.  (Photo by Matthias Hangst/Getty Images)
FIFA. Foto: Getty Images/Matthias Hangst
Makassar -

Langkah PSM Makassar menjadi juara AFC Cup 2022 terbuka lebar. Calon lawan, ATK Mohun Bagan di babak semifinal Inter Zone AFC Cup tersingkir.

ATK Mohun Bagan tersingkir dari perhelatan AFC Cup 2022 dikarenakan, sanksi FIFA yang membekukan federasi sepakbola India (AIFF). Hukuman itu diberikan setelah AIFF didakwa melanggar statuta FIFA.

"Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA," tulis FIFA dilansir dari situs resminya, Selasa (16/8/2022).


Sementara itu, belum diketahui kapan pembekuan AIFF oleh FIFA akan dicabut. Dalam keterangan resminya, FIFA mengatakan akan mencabut sanksi itu ketika AIFF sudah menyelesaikan masalah internalnya.

"Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF," tulis FIFA menambahkan.

Sanksi FIFA tersebut secara otomatis memuluskan langkah PSM menjadi juara AFC Cup 2022. Jika sukses mengalahkan Kuala Lumpur FC Rabu (24/8) mendatang, maka PSM akan lolos langsung ke babak final Inter Zone AFC Cup.

PSM Makassar tidak perlu lagi bertanding di babak semifinal Inter Zone AFC Cup melawan tim ATK Mohun Bagan yang rencananya akan berlangsung pada Rabu (7/9) mendatang.

Di babak final Inter Zone AFC Cup, ada dua klub yang berpeluang menjadi lawan PSM. Salah satunya sudah dikonfirmasi yakni klub asal Hongkong, Eastern Sports Club.

Calon lawan lainnya adalah menunggu pemenang dari zona Asia Tengah antara tim asal Tajikiskan, Khujand melawan tim asal Uzbekistan, Sagdiana Jizzakh.



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ata/nvl)