Gol Tunggal Bawa PSM Selamat dari Degradasi, Ferdinand: Tekad Hilangkan Beban

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 26 Mar 2022 07:00 WIB
Ferdinand Sinaga merupakan seorang pemain sepakbola asal Indonesia.
Foto: Ferdinand Sinaga bawa PSM Makassar selamat dari degradasi. (Rifkianto Nugroho)
Makassar -

Ferdinand Sinaga menyelamatkan PSM Makassar dari degradasi Liga 1 berkat gol semata wayangnya saat melawan Persiraja Banda Aceh dengan skor 1-0. Pertandingan yang disebut striker skuad Juku Eja itu mengembalikan kepercayaan dirinya, sekaligus hilangkan beban.

"Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada coach (Joop Gall) yang memberikan kesempatan untuk pertandingan penting bagi PSM Makassar," ucap Ferdinand saat konferensi pers Jumat malam (25/3/2022).

"Dan saya ingin mengembalikan kepercayaan yang diberikan oleh coach, bermain dengan baik, bekerja sama dengan tim. Puji Tuhan, ada kesempatan untuk mencetak, dan itu kemenangan untuk PSM Makassar," lanjut dia.


Pertandingan PSM Makassar dan Persiraja tersaji dalam laga lanjutan pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (25/3). Ferdinand beranggapan ini pertandingan penting, membebani PSM yang harus keluar dari jurang zona degradasi.

"Tetapi kita semua pemain bertekad menghilangkan beban itu untuk bagaimana caranya kita di lapangan bekerja sama, dan mengangkat tim PSM Makassar selamat dari zona degradasi," papar dia.

Ferdinand mengaku kemenangan PSM atas Persiraja patut dirayakan karena berhasil bertahan di kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Dia tak menyembunyikan rasa bahagianya yang mampu mengantarkan timnya selamat dari degradasi Liga 1.

"Gol tadi (ke gawang Persiraja Banda Aceh) itu setelah 15 pertandingan saya tidak pernah cetak," ucap pria kelahiran Bengkulu 18 September 1988 ini.

Dia berharap masih diberi kesempatan kembali di satu laga terakhir. The Macz Man diagendakan melawan Arema FC untuk pertandingan terakhir di Liga 1.

"Dan gol tadi pertandingan ke-16 itu sangat membantu kepercayaan diri saya kembali lagi untuk lebih lagi bekerja keras untuk PSM Makassar di satu pertandingan terakhir," terang Ferdinand.

Sementara pelatih PSM Makassar Joop Gall senang dengan pencapaian Ferdinand. Meski gol yang ia jebloskan ke gawang Persiraja di menit ke-41 sempat membuatnya khawatir.

"Saya beritahu dia (Ferdinand), di ruang ganti, pada saat jeda tadi. Saya berpikir bahwa itu salah satu eksekusi buruk, namun itu menjadi gol, dan menjadi salah satu gol yang indah, dan sangat bagus," beber dia.

Pelatih asal Belanda ini mengakui kinerja striker PSM Makassar selama ini kurang optimal. Dia mengaku tidak puas dengan kinerja lini depan selama Liga 1.

"Meskipun kita sejauh ini tidak terlalu puas dengan striker yang kita punya, namun hari ini harus menjadi harinya Ferdinand. Suatu pujian Saya layangkan kepada dia. Dan ya dia adalah penyelamat dari PSM Makassar," tegas Joop Gall.

PSM Makassar yang berhasil menang atas Persiraja dengan skor 1-0 sudah cukup untuk mengamankan skuad Juku Eja dari degradasi. Saat ini Pasukan Ramang bertengger di peringkat 12 dengan koleksi 38 poin di klasemen Liga 1.



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hmw)