Pemprov Sulsel Beri Asnawi-Irfan Jaya Rp 100 Juta Atas Prestasi di AFF 2020

Andi Nur Isman - detikSulsel
Jumat, 25 Feb 2022 20:30 WIB
Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya diwakili orang tuanya menerima hadiah dari Pemprov Sulsel.
Foto: Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya diwakili orang tuanya menerima hadiah dari Pemprov Sulsel. (dok. istimewa)
Makassar -

Pemain Tim Sepak Bola Nasional Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar dan Irfan Jaya diganjar hadiah Rp 100 juta dari Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman. Kedua putra daerah itu sebelumnya berhasil membawa Indonesia menjadi Runner-Up Piala ASEAN Football Federation (AFF) 2020.

Hadiah tersebut diserahkan Andi Sudirman pada Jumat (25/2/2022) sebagai bonus atas prestasi yang mereka hasilkan. Kendati dalam ajang ini Timnas Indonesia belum berhasil mengangkat piala bergengsi tersebut.

"Penghargaan berupa bonus diberikan kepada Asnawi Mangkualam dan Irfan Jaya yang keduanya adalah atlet sepak bola asal Sulsel yang masuk dalam Timnas Indonesia pada piala AFF beberapa waktu yang lalu," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Arwin Azis, Jumat (25/2).


Namun, hadiah tersebut tidak bisa diterima langsung oleh Asnawi dan Irfan lantaran masih bertugas di klubnya. Sehingga penyerahan hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta itu diwakili oleh orang tuanya masing-masing.

"Penghargaan diterima oleh perwakilan dari Asnawi dan Irfan Jaya karena keduanya tidak bisa hadir langsung karena Asnawi masih di Korea bersama klubnya dan Irfan Jaya juga di Bali. Sehingga mereka diwakili oleh ibundanya masing-masing," jelasnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pernah menjanjikan kedua putra daerah itu hadiah rumah jika berhasil membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF 2020. Namun karena hanya bisa menempati posisi Runner-Up maka hadiahnya diganti menjadi uang tunai.

"Insyaallah, jika Indonesia menang pada final Piala AFF 2020 di Singapura, kita siapkan hadiah berupa masing-masing satu unit rumah kepada dua pemain dari Sulsel," ucap Andi Sudirman, kepada wartawan saat itu.

Diketahui, dalam ajang Piala AFF 2020 Indonesia hanya mampu menjadi Runner-Up setelah ditumbangkan oleh Thailand. Pada lag pertama Indonesia kalah telak dengan skor 0-4. Kemudian belum bisa mengejar ketertinggalan saat lag kedua dengan skor 2-2, sehingga agregat skor akhir menjadi 2-6 untuk kemenangan Thailand.



Simak Video "Timnas Indonesia Dibubarkan, Ketum PSSI: Jaga Stamina-Performa"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)