Sop Ubi Datu Museng, Legendaris Sejak 1963-Kini Dikelola Generasi Ketiga

Ibnu Munsir - detikSulsel
Sabtu, 19 Feb 2022 08:40 WIB
Sop ubi Datu Museng, kuliner legendaris yang kini dijalankan generasi ketiga
Foto: Sop upi Hj Haniah atau lebih familiar dikenal dengan sop ubi Datu Museng yang legendaris sejak 1963 (Ibnu Munzir/detiksulsel)
Makassar -

Pemburu kuliner khas Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) khususnya sop ubi pastinya tidak asing lagi dengan Sop Ubi Datu Museng. Siapa sangka, kuliner yang sudah ada sejak tahun 1963 itu kini dijalankan oleh generasi ketiga dari pendirinya.

Sesuai namanya, kuliner legendaris ini memang berada di Jalan Datu Museng, Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Jaraknya cukup dekat dari Pantai Losari.

Namun, Anda harus masuk ke sebuah gang atau lorong. Cukup berjalan kaki sekitar 10 meter. Anda kemudian sampai dan melihat warung sop ubi milik Hj Haniah tersebut.


Walau sekilas terlihat sederhana, warung ini berdiri sejak tahun 1963. Tak heran, pelanggannya dari kalangan atas hingga bawah. Sekelas pejabat, hingga artis pun pernah melewati gang di Jalan Datu Museng demi sop ubi legendaris ini.

"Ini bapak dulu usaha namanya sop ubi Datu Museng, kemudian turun ke generasi ke 3 sekarang saya yakni sop ubi Hj Haniah," kata Hj Haniah, Rabu (16/2/2022).

Ubinya yang sudah dimasak empuk ditambahkan dengan paduan beberapa jenis sayuran. Disajikan di mangkok dengan kuah kaldu yang segar. Sop ubi ini makin sempurna dinikmati dengan tambahan kacang, telur dan daging.

"Di sini orang makan macam-macam ada yang tidak mau pakai taoge. Ada yang tak mau pakai ubi, ada tak pakai daging. Karena selera orang berbeda. Banyak macam, kita tak bisa pastikan," jelasnya.

Walau sop ubi namanya tidak sepopuler coto makassar, pallubasa dan konro, hingga pisang ijo, namun pengunjung di tempat ini tidak pernah sepi. Rasanya yang khas membuat penikmat sop ubi ini selalu berkeinginan untuk datang kembali.

Setiap hari, Hj Haniah menghabiskan 100 mangkuk sop ubi yang dibuatnya bersama dua ponakannya. Untuk 1 porsi sop ubi Hj Haniah berkisar Rp 25.000.

"Dulu belum segitu harganya beda harga, ini masih murah. kalau pengunjung kita tak tentukan. Namun memang di akhir pekan, selalu habis," ucapnya.

Bagi yang penasaran, Anda mesti ke Kota Makassar. Sop ubi Hj Haniah belum memiliki cabang di tempat lain.

(tau/nvl)