10 Saksi Diperiksa di Kasus Penipuan Bos Travel Fotonya di Billboard Makassar

10 Saksi Diperiksa di Kasus Penipuan Bos Travel Fotonya di Billboard Makassar

Isak Pasa - detikSulsel
Selasa, 04 Okt 2022 22:46 WIB
Foto terlapor kasus penipuan travel dipajang di iklan billboard, Makassar.
Foto: Foto wanita pemilik travel terpampang di billboard Makassar. (Isak Pasa'buan/detikSulsel)
Makassar -

Polisi masih mengusut kasus dugaan penipuan terhadap wanita pemilik SLV Travel, Selvi Ahmad Firdaus yang fotonya terpampang pada iklan billboard di jalan protokol Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebanyak 10 saksi sudah diperiksa dari empat laporan yang masuk ke polisi.

"Ada lebih 10 (saksi) diperiksa, dari empat LP (laporan polisi)," kata Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Syarifuddin saat dikonfirmasi detikSulsel, Selasa (4/10/2022).

Syarifuddin menambahkan, pihak pelapor dan terlapor dalam hal ini Selvi juga telah dihadirkan untuk memberikan klarifikasi atas dugaan penipuan yang dilakukan travelnya. Sejak kasus ini berproses di Ditreskrimsus Polda Sulsel, Selvi baru satu kali dimintai keterangan.


Syarifuddin mengatakan kasus ini masih terus berproses meskipun saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Pihaknya beralasan masih butuh pendalaman atas kasus ini.

"Masih kita periksa semua saksi-saksinya, masih sementara berjalan pemeriksaannya. Sudah pernah kita klarifikasi (Selvi) sementara kita masih pendalaman pelapor. Intinya masih penyelidikan, kita masih periksa semua, butuh waktu," ujarnya.

Pihaknya pun belum mau berbicara lebih jauh terkait penetapan tersangka. Penyidik belum sampai pada tahapan penyidikan.

"Nah inikan masih proses penyelidikan, belum nanti kalau rampung penyidikan baru naik ke sidik. Proses penyidikan baru naik status. Kita sudah dalami keterangan terlapor," terangnya.

Selain di Ditreskrimsus Polda Sulsel, diketahui beberapa orang yang mengaku jadi korban dari SLV Travel juga memasukkan laporan ke Ditkrimum Polda Sulsel. Total laporan polisi yang masuk sebanyak 7 laporan.

Sebelumnya, Dirkrimum Polda Sulsel Kombes Jamaluddin Farti menjelaskan pihaknya juga masih melakukan penyelidikan atas kasus ini. Ada 15 orang saksi termasuk pelapor telah dimintai keterangan, sementara untuk terlapor sendiri atau Selvi sudah dua kali dihadirikan untuk diambil keterangannya.

"15 orang saksi termasuk pelapor. Terlapor juga sudah dimintai keterangan kemarin, tapi masih lidik. Sampai saat ini bersangkutan (Selvi) sudah 2 kali datang ke sini (di Ditkrimum Polda Sulsel)," sebut Jamaluddin saat dikonfirmasi, Rabu (28/10) lalu.

Selain itu, Jamaluddin mengungkapkan bahwa peluang restorative justice (RJ) dalam kasus ini juga sangat terbuka. Hal tersebut bisa saja terjadi apabila kedua belah pihak sepakat berdamai.



Simak Video "12 Korban Dugaan Penipuan Obligasi Kembali Bikin Laporan ke Bareskrim"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)