Perjuangan Wanita Selamat dari KKB: Didorong ke Tebing-Masuk Kubangan Lumpur

Papua Barat

Perjuangan Wanita Selamat dari KKB: Didorong ke Tebing-Masuk Kubangan Lumpur

Tim detikcom - detikSulsel
Senin, 03 Okt 2022 05:31 WIB
Wanita korban serangan KKB di Papua Barat ditemukan selamat.
Foto: Wanita korban serangan KKB di Papua Barat ditemukan selamat. (Dok. Istimewa)
Teluk Bintuni -

Perjuangan wanita bernama Dewi Manise alias Reva (28) untuk lolos dari serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Teluk Bintuni, Papua Barat tidak mudah. Reva berhasil selamat dari insiden maut itu usai didorong rekannya hingga terjun ke kubangan lumpur.

Reva merupakan salah satu dari 14 pekerja proyek Jalan Trans Kabupaten Teluk Bintuni-Kabupaten Maybrat. Korban saat itu tengah berada di dalam sebuah mobil truk ketika tembakan KKB mulai terdengar di lokasi proyek pada Kamis (29/9/2022).

"Saudara Dewi Manise alias Revan dalam keadaan duduk depan samping sopir trek (truk)," ungkap Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi dalam keterangannya, Minggu (2/10).


Mendengar suara tembakan, Reva panik hingga keluar dari truk. Sayang, kakinya terkilir saat loncat keluar dari mobil.

"Pada saat kejadian saudara Revan loncat dari mobil tapi cedera bagian lutut kiri dan kanannya," sambungnya.

Reva dalam keadaan pincang saat berusaha kabur mencari tempat aman. Salah satu rekannya yang melihatnya tertatih, mendorong Reva hingga terjatuh masuk sebuah tebing.

"Sampai dia nggak mampu untuk melanjutkan perjalanannya dan akhirnya temannya mendorong dia ke tebing untuk menyelamatkan diri," urai Kombes Adam.

Namun siapa sangka, dorongan temannya yang membuat Reva terjatuh justru menyelamatkannya. Meski Reva harus bermandikan lumpur di dasar tebing itu.

Reva bertahan hingga malam hari bersembunyi di dalam kubangan lumpur. Hingga situasi dianggap normal, Reva keluar dari tempat persembunyiannya.

"Kemudian lanjut masuk dalam kubangan lumpur sampai mereka nggak melihat dan sampai malam hari keluar jalan kaki," urai dia.

Beruntung, usaha Reva melarikan diri berhasil usai dirinya tiba di Kampung Mayerga. Warga yang melihat, lalu menolong dan melaporkan hal ini ke aparat TNI.

"Dalam keadaan luka sampai di Kampung Mayerga, dan diselamatkan oleh masyarakat dan dilanjutkan dilaporkan di Pospam TNI Mayerga," imbuh Kombes Adam.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.