Janji Pengacara Yosep Parera Ungkap Semua Terkait OTT KPK di MA

Berita Nasional

Janji Pengacara Yosep Parera Ungkap Semua Terkait OTT KPK di MA

Timm detikNews - detikSulsel
Sabtu, 24 Sep 2022 06:30 WIB
Penasihat hukum Intidana Yosep Parera mengenakan rompi tahanan seusai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/9/2022).  KPK mengamankan enam dari sepuluh tersangka dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (21/9/2022) dengan barang bukti uang 205.000 Dollar Singapura dan Rp50 juta yang diduga untuk menyuap pengurusan perkara di Mahkamah Agung. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.
Yosep Parera. Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA
Jakarta -

Pengacara Yosep Parera secara terang-terangan mengakui memberi suap terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) usai terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. Dia juga berjanji akan mengungkap semua yang dia ketahui terkait perkara ini.

Dilansir dari detikNews, KPK menetapkan total 10 orang sebagai tersangka terkait OTT di MA. Dua di antaranya merupakan pengacara, yakni Yosep Parera dan Eko Suparno.

Selanjutnya Yosep mengakui telah memberikan suap. Dia juga mengakui uang itu diberikan agar Koperasi Simpan Pinjam Intidana dinyatakan pailit.


"Saya dan Mas Eko sebagai lawyer mengakui secara jujur menyerahkan uang di Mahkamah Agung, tapi kami tidak tahu dia panitera atau bukan," ujar Yosep Parera di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (23/9).

Namun Yosep mengatakan hal ini tak terlepas dari masalah sistem yang buruk. Dia mengatakan segala hal atau aspek harus mengeluarkan uang.

"Inilah sistem yang buruk di negara kita, di mana setiap aspek sampai tingkat atas harus mengeluarkan uang. Salah satu korbannya adalah kita," katanya.

Oleh sebab itu Yosep berjanji akan menyampaikan semua keterangan yang diketahuinya. Yosep juga mengaku siap menghadapi hukuman yang seberat-beratnya.

"Intinya kami akan buka semua, kami siap menerima hukumannya karena itu ketaatan kami. Kami merasa moralitas kami sangat rendah, kami bersedia dihukum yang seberat-beratnya," imbuh Yosep.

10 Tersangka Kasus Suap di MA

Dirangkum dari detikNews, berikut 10 tersangka kasus suap baik internal maupun eksternal MA:

Sebagai Penerima:

1. Sudrajad Dimyati, Hakim Agung pada Mahkamah Agung
2. Elly Tri Pangestu, Hakim Yustisial/Panitera Pengganti Mahkamah Agung
3. Desy Yustria, PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung
4. Muhajir Habibie, PNS pada Kepaniteraan Mahkamah Agung
5. Redi, PNS Mahkamah Agung
6. Albasri, PNS Mahkamah Agung

Sebagai Pemberi:

7. Yosep Parera, Pengacara
8. Eko Suparno, Pengacara
9. Heryanto Tanaka, Swasta/Debitur Koperasi Simpan Pinjam ID (Intidana)
10. Ivan Dwi Kusuma Sujanto, Swasta/Debitur Koperasi Simpan Pinjam ID (Intidana)



Simak Video "Suasana Kantor Pengacara Yosep Parera saat Ditangkap KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/asm)