Komisi III DPR Desak Kapolri Ungkap Motif Pembunuhan Brigadir J ke Publik

Berita Nasional

Komisi III DPR Desak Kapolri Ungkap Motif Pembunuhan Brigadir J ke Publik

Tim detikNews - detikSulsel
Rabu, 24 Agu 2022 16:41 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan mendesak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk segera mengungkap motif pembunuhan Brigadir J ke publik. Arteria menilai Polri perlu mengambil langkah tersebut agar publik tidak menimbulkan beragam asumsi terkait motif pembunuhan.

"Harus ada satu pernyataan Kapolri. Tafsir tunggal dari institusi Polri. Yang disampaikan Pak Kapolri terkait motif itu," ujarnya dalam rapat Komisi III DPR bersama Kapolri seperti dilansir dari detikNews, Rabu (24/8/2022).

Menurut Arteria, saat ini sudah banyak asumsi publik terkait motif pembunuhan Brigadir J yang beredar di masyarakat, mulai motif judi hingga LGBT. Ia menyebut Polri perlu mengambil tindakan untuk meluruskan hal tersebut dengan mengungkap motif sebenarnya.


"Sehingga tidak ada lagi motif LGBT, motif cinta segitiga, cinta segi empat. Motif judi. Motif apa, motif apa, nggak ada. Ini harus dihentikan," ungkapnya.

Meskipun pengungkapan motif bukan merupakan kewajiban, Arteria tetap meminta Sigit mengungkap motif Irjen Ferdy Sambo membunuh Brigadir J agar kasus tersebut menjadi terang.

"Untuk motif walaupun tidak menjadi kewajiban, ini kan sudah dinyatakan kronologis asli yang tidak terbantahkan kebenarannya oleh pelaku utama sekalipun saksi-saksi," ujar Arteria.

Menurutnya, Polri tidak seharusnya menutupi motif pembunuhan tersebut dengan dalih hanya untuk konsumsi penyidik. Arteria menyebut itu seperti halnya Polri bekerja di ruang hampa.

"Namun, Polri tidak bisa bekerja di ruang hampa. Tidak bisa mengatakan ini untuk kepentingan penyidikan. Tidak bisa ini untuk konsumsi penyidik," tuturnya.

(urw/sar)