554 Napi di Lapas Makassar Dapat Remisi, 10 Kasus Korupsi-1 Terorisme

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Rabu, 17 Agu 2022 20:55 WIB
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan remisi terhadap 554 narapidana (napi) di perayaan HUT ke-77 RI.
Foto: Lapas Kelas I Makassar. (isak pasa'buan/detik.com)
Makassar -

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan remisi terhadap 554 narapidana (napi) di perayaan HUT ke-77 RI. Di antranya ada 10 napi kasus korupsi dan satu terorisme.

"Itu telah melalui proses, jelas mengikuti pembinaan dengan baik. Kelakuan baik selama dalam lapas," kata Kalapas Kelas I Makassar, Hernowo Sugiastanto saat diwawancara, Rabu (17/8/2022).

Hernowo tak menjelaskan secara detail terkait data dan informasi napi teroris yang dimaksudkan. Ia hanya mengatakan jika teroris tersebut dijatuhi hukuman vonis kurungan penjara selama 4 tahun.


Selain itu, dirinya juga tak menyebutkan secara detail siapa saja napi kasus korupsi yang diberikan remisi.

"Intinya kasus korupsi tidak ada yang langsung bebas. Napi teroris vonisnya 4 tahun dan dapat remisi tiga bulan," ucapnya.

Remisi napi korupsi dan teroris ini merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2012 Pasal 34A. Termasuk di dalamnya ada sejumlah syarat lain yang harus dipenuhi.

Syarat tambahan untuk napi koruptor telah membayar lunas denda dan uang pengganti sesuai dengan putusan pengadilan. Sementara napi terorisme telah mengikuti program deradikalisasi yang diselenggarakan oleh Lapas atau BNPT, serta menyatakan ikrar yaitu setia kepada NKRI secara tertulis.

"Syaratnya harus NKRI, kebetulan narapidana ini sudah pernah ikrar terhadap NKRI dan kita usulkan remisi," sebutnya.

Adapun napi yang mendapat remisi HUT ke-77 RI di Lapas Kelas I Makassar sebanyak 554 orang dan 8 orang hari ini langsung bebas. Sementara untuk keseluruhan penghuni lapas sebanyak 942 orang, 832 berstatus narapidana, dan 110 tahanan.

"Ada juga 8 orang hari ini langsung bebas, ada yang dapat 1 bulan, 2 bulan sampai 6 bulan," terang Hernowo.



Simak Video "Melihat Antusiasme Warga Kulon Progo Pasang Seribu Lampu untuk HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)