Berita Nasional

Isi Surat Ortu Bharada E yang Minta Jokowi dan Kapolri Lindungi Putranya

Trisno Mais - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 09:07 WIB
Apa Arti Justice Collaborator? Permohonan Bharada E Siap Jadi JC
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Orang tua dari Bharada E meminta Presiden dan Kapolri memberikan perlindungan kepada anaknya. Permintaan itu disampaikan oleh orang tua Bharada E melalui surat terbuka yang diposting di media sosial.

Pantauan detikcom, keluarga Bharada E sempat membuat postingan surat terbuka di media sosial pada Selasa (9/8). Surat terbuka tersebut tepatnya ditujukan ke Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kemenkumham RI.

Dalam surat itu, ayah dan ibu dari Bharada E masing-masing bernama S Junus Lumiu dan Rynecke. A. Pudihang awalnya berbelasungkawa untuk kematian Brigadir J. Selanjutnya di surat itu, orang tua Bharada E menyampaikan kekhawatirannya akan keselamatan putranya yang menjadi salah satu saksi kunci di kasus Brigadir J.


"Rasa kuatir dan takut selalu ada dalam hati kami," demikian potongan isi surat terbuka dari orang tua Bharada E.

Surat terbuka tersebut diposting oleh Anastasya Lila, saudari sepupu dari Bharada E. Dia mengonfirmasi surat terbuka itu memang ditulis tangan oleh orang tua Bharada E.

"Iya Tasya yang unggah surat itu. Postingan yang tadi biar sampai ke bapak Presiden, Kapolri sampai kepada pemerintah. Biar kakak saya dapat perlindungan," kata Anastasya Lila kepada detikcom di Manado, Sulut, Selasa (9/8) malam.

Meski dia yang mengunggahnya, Anastasya memastikan surat itu dibuat oleh orang tua Bharada E untuk anaknya yang saat ini sudah ditahan di Bareskrim Polri.

"Dapat dari Mamanya Bharada. Pokoknya Mamanya yang kirim," katanya.

Berikut isi lengkap surat terbuka dari kedua orang tua Bharada E:

Kepada yth:
- Bapak Presiden Republik Indonesia
- Bapak Kapolri
- Bapak Menko Polhukam

Salam sejahterah,

Pertama-pertama kami selaku ayah dan Ibu dari Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu, turut berbela sungkawa kepada keluarga almarhum Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J). Bapak Presiden, Bapak Kapolri, dan Bapak Menko Polhukam yang kami hormati, kami mengirimkan surat terbuka ini, karena kami merasa putus asa dalam menghadapi proses hukum yang saat ini sedang dihadapi anak kami. Rasa kuatir dan takut selalu ada dalam hati kami. Saat ini kami memohon perlindungan hukum dan ham untuk anak kami Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, juga untuk kami sebagai orang tua, keluarga dan tunangannya.

Dan kami juga meminta keadilan dan perlindungan dari Bapak Presiden, Bapak Kapolri, dan Bapak Menko Polhukam. Sekiranya surat terbuka ini bisa sampai kepada bapak-bapak yg kami hormati, kami mohon bapak-bapak dapat bertindak secara bijaksana, untuk memenuhi permohonan kami.

Kami juga percaya bahwa setiap warga negara berhak mendapat perlindungan.

Dan kami keluarga tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan saat ini.

Demikianlah surat terbuka ini kami buat dari hati kami yg paling dalam, untuk disampaikan kepada Bapak Presiden, Bapak Kapolri, dan Bapak Menko Polhukam.

Terimakasih.

Kami yang bermohon:
Orang Tua

Ayah: S Junus Lumiu
Ibu: Rynecke. A. Pudihang



Simak Video "Dugaan Pelecehan ke Istri Sambo: Dulu Duren Tiga, Kini Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)