Mahasiswi Ketua Tingkat Ngaku Dipeluk-Dicium Oknum Profesor UHO Kendari

Sulawesi Tenggara

Mahasiswi Ketua Tingkat Ngaku Dipeluk-Dicium Oknum Profesor UHO Kendari

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Rabu, 20 Jul 2022 20:59 WIB
Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sultra.
Foto: Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sultra. (Nadhir Attamimi/detikSulsel)
Kendari -

Oknum dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Profesor B dilaporkan ke polisi atas dugaan pelecehan seksual kepada mahasiswinya yang juga seorang ketua tingkat. Korban inisial R (20) mengaku dipeluk hingga dicium oleh terlapor.

"Dia memeluk saya dari depan kemudian membuka masker saya lalu melakukan pelecehan mencium saya," kata R kepada detikcom, Rabu (20/7/2022).

R mengaku awalnya berusaha tidak berpikiran aneh saat dipeluk B karena sang Profesor sudah dianggap sebagai orang tuanya. Namun R kaget saat Profesor B tiba-tiba mencium korban.


"Pas saya dipeluk saya tidak berpikir aneh-aneh karena saya sudah anggap dia sebagai orang tua sendiri tapi spontan dia mencium (pipi dan jidat)," ujarnya.

R mengaku peristiwa pilu itu terjadi pada Minggu (17/7). Ternyata, kejadian itu terulang di hari berikutnya. Bahkan sikap B semakin melunjak melecehkan dirinya.

"Setelah itu besoknya lagi, kejadian ini yang lebih parah, di hari Senin," imbuh R.

Kejadian yang dimaksud korban R terjadi saat menyetor hasil rekapan nilainya di kediaman Profesor B pada Senin (18/7). Sebagai ketua tingkat, R diharuskan menyetor nilai teman-temannya kepada yang bersangkutan.

"Pas waktu mau pulang saya jabat tangan, terus saya balik badan mau ke depan (keluar rumah) badan saya diputar menghadap dia lalu spontan, dia buka masker saya lalu mencium," ujarnya.

R pun memegang bahu oknum dosennya itu dengan maksud menghindar lantas pergi. Dia pun keluar dari rumah Profesor B dengan keadaan menangis.

"Saya lalu keluar tanpa sekata apapun, saya tidak bicara lalu pulang," ungkapnya.

Korban pulang lalu melaporkan hal itu kepada keluarganya. Tidak terima dengan perlakuan itu, keluarga dan korban lalu melapor ke kantor polisi.

Polisi pun membenarkan adanya laporan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen UHO Profesor B. Pihaknya pun tengah melakukan penyelidikan atas kasus yang dilaporkan keluarga korban tersebut.

"Iya (terlapor seorang) Profesor. Iya benar kasus UHO ini (dugaan pelecehan seksual oknum dosen) inisial B sudah dilaporkan ke sini," kata Kapolresta Kendari Kombes Muhammad Eka Faturrahman dikonfirmasi detikcom, Rabu (20/7).

*detikcom mengkonfirmasi Ketua Dewan Kode Etik dan Disiplin UHO Prof La Iru dengan datang langsung ke Kampus UHO hari ini. Namun yang bersangkutan belum memberikan tanggapan.



Simak Video "Waspada Pelecehan Seksual pada Laki-laki"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hmw)