Sulawesi Tenggara

Misteri Staf Pengadilan Agama Kolaka Hilang Misterius hingga Ditemukan Tewas

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 23 Jun 2022 07:01 WIB
Staf Pengadilan Agama Kolaka, Firdaus hilang misterius usai dijemput OTK (Dok. Istimewa).
Foto: Staf Pengadilan Agama Kolaka, Firdaus hilang misterius usai dijemput OTK (Dok. Istimewa).
Kolaka -

Warga di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) dibuat geger dengan penemuan mayat berjenis kelamin pria di tepi pantai. Ternyata mayat itu adalah Firdaus (37), seorang staf Pengadilan Agama Kolaka yang dilaporkan hilang misterius usai dijemput orang tak dikenal atau OTK.

Adik kandung korban, Firmansyah mengatakan kakaknya itu dijemput OTK pada Minggu (19/6) malam atau sekitar 3 hari sebelum ditemukan tewas. Saat itu korban pamit untuk pergi takziah.

"Info terakhir dia mau pergi takziah di rumah keluarga di Jalan Sudirman, tapi ndak tahu yang jemput siapa," ujar Firmansyah kepada detikcom, Rabu (22/6).


Belakangan keluarga mulai gelisah karena Firdaus tak kunjung pulang dan tidak ada kabar lagi. Keluarga akhirnya membuat laporan polisi soal hilangnya korban.

"Sudah kita lapor di polisi ketika hilang 1x24 jam," tutur Firmansyah.

Ditemukan Tewas di Tepi Pantai

Firdaus kemudian ditemukan tewas di Pantai Kayu Angin sekitar pukul 07.00 Wita, Rabu (22/6). Mayatnya pertama kali ditemukan oleh Jaenab, seorang warga yang hendak melihat rumput laut miliknya di sekitar lokasi.

"Mayat tersebut diduga Firdaus yang menghilang hari Minggu (19/6) sekitar pukul 19.00 Wita dengan alasan untuk pergi takziah," kata Kasubsi Penmas Humas Polres Kolaka Aipda Riswandi dalam keterangannya, Rabu (22/6).

Riswandi mengungkapkan saksi Jaenab awalnya mengira jenazah yang dilihatnya boneka. Namun ketika didekati ternyata itu adalah jasad Firdaus.

"Jaenab mendekati dan melihat mayat laki-laki dengan posisi terlentang," ujarnya.

Menurut Riswandi, jasad Firdaus dikenali berdasarkan sejumlah ciri yang dikonfirmasi oleh keluarganya. Salah satunya adalah cincin kawin korban.

"Pihak keluarga meyakinkan bahwa mayat tersebut adalah Firdaus karena ada beberapa ciri sama yang digunakan yakni jam tangan dan cincin kawin," ujarnya.