Serba-serbi Tol Mamminasata yang Dicoret dari Proyek Strategis Nasional

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 11 Agu 2022 11:45 WIB
Tol AP Pettarani, tol layang pertama di Makassar Sulawesi Selatan
Ilustrasi pengerjaan tol layang Pettarani di Makassar (Foto: Dok. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk)
Makassar -

Proyek Tol Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata) dengan panjang 48,12 kilometer dicoret dari daftar proyek strategis nasional (PSN). Proyek infrastruktur kawasan aglomerasi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dianggap sulit rampung di 2024.

"Ada beberapa pertimbangan jalan tol Makassar-Maros-Sungguminasata-Takalar dicoret dari daftar PSN," ungkap Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Reni Ahiantini kepada detikSulsel, Rabu (10/8/2022).

Salah satunya terkait ketersediaan APBN yang terbatas untuk pengadaan tanah yang didanai Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Pendanaan akan difokuskan untuk proyek yang diharapkan bisa rampung di 2024. Sementara Proyek Tol Mamminasata dipastikan sulit tuntas di 2024.


"Sehingga pendanaan tanah proyek PSN diprioritaskan untuk proyek yang ditargetkan beroperasi di 2024," jelasnya.

Permasalahan lainnya, status penyiapan proyek Jalan Tol Mamminasata masih dalam finalisasi prastudi kelayakan tahap akhir (FBC) serta review teknis dan jaringan terkait optimasi Jalan Bypass Mamminasata yang telah dibangun sebagai bagian dari dukungan pemerintah. Sehingga Kemenko Perekonomian mengeluarkan Jalan Tol Mamminasata dari daftar PSN terbaru.

"Alasannya untuk proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pemenuhan financial close dilaksanakan paling lambat pada semester I tahun 2024. Selain itu, untuk proyek dalam daftar PSN terbaru tidak membutuhkan dukungan pemerintah dalam bentuk fiskal," jelasnya.

Awalnya Proyek Bypass Mamminasata Dimulai 2015

Proyek Jalan Tol Mamminasata ini awalnya dari proyek jalan lingkar luar atau Bypass Mamminasata. Jalan ini dimulai pembangunannnya tahun 2015 di era Gubernur Sulsel dijabat Syahrul Yasin Limpo. Proyek ini direncanakan dikerjakan dalam 3 tahap.

Tahap I dimulai dari Jalan Sam Ratulangi (Maros-Pangkep) ke arah Jalan Kariango (Maros) dengan panjang 13,7 kilometer. Kebutuhan anggaran mencapai Rp 245,863 miliar dengan target rampung 2018.

Kemudian tahap II, pengerjaannya direncanakan dilanjutkan ke Jalan Poros Malino (Gowa) sepanjang 17 kilometer dengan estimasi anggaran Rp 342 miliar dengan target rampung pada 2020.

Untuk tahap III, pengerjaannya diestimasikan hingga ke Jalan Galesong (Takalar) sepanjang 17,6 kilometer dengan anggaran yang dibutuhkan Rp 389 miliar untuk konstruksi.

Syahrul saat meninjau progres proyek ini pada 18 Januari 2017 menyebut pembebasan lahan menjadi salah satu kendala percepatan proyek ini. Namun dia menegaskan proyek ini mesti dikebut.

"Kalau ada yang menghambat, kita menitip ke pengadilan. Saya akan cek Maret, 2018 harus rampung. Dana yang ada semaksimal mungkin bisa diserap," ujar Syahrul saat itu.

Hanya saja hingga Syahrul berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur Sulsel pada April 2018, tahap I belum juga rampung. Proyek Bypass Mamminasata tahap I sepanjang 13,7 kilometer terkendala pembebasan lahan.

Bypass Mamminasata Diusul Pemprov Sulsel Menjadi Jalan Tol

Proyek jalan lingkar luar Bypass Mamminasata diusul Pemprov Sulsel menjadi jalan tol. Usul ini disampaikan ke Kementerian PPN/Bappenas pada 2018 silam.

"Bypass ini direncanakan menjadi proyek jalan tol. Kita usulkan," ungkap Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Amin Yakub kepada wartawan, Rabu (28/3/2018).

Amin menambahkan, lebar Jalan Bypass ini mencapai 60 meter. Badan jalan selebar 40 meter disebutnya ideal untuk dijadikan jalan tol.

"Kemudian sisanya 10 meter di masing-masing kedua sisi jalan jadi frontage tol atau jalanan umum," bebernya.

Hanya saja diakui Amin, pembebasan lahan menjadi persoalan. Sehingga pihaknya fokus untuk memprioritaskan pembebasan lahan proyek Bypass Mamminasata.

"Kita sudah minta BPN mempercepat prosesnya. Lahan ini harus cepat tuntas," beber Amin saat itu.

Simak selanjutnya soal Tol Mamminasata..



Simak Video "Menikmati Pemandangan Indah Hamparan Sawah dengan Secangkir Kopi, Maros"
[Gambas:Video 20detik]