Tol Mamminasata Dicoret dari Daftar Proyek Strategis Nasional!

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 18:51 WIB
Tol AP Pettarani, tol layang pertama di Makassar Sulawesi Selatan
Ilustrasi pembangunan tol layang pertama di Makassar (Foto: Dok. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk)
Makassar -

Rencana pembangunan Jalan Tol Mamminasata (Makassar, Maros Sungguminasa/Gowa, Takalar) tak lagi menjadi prioritas pemerintah pusat. Tol Mamminasata dicoret dari daftar proyek strategis nasional (PSN).

"Iya jalan tol Mamminasata dicoret dari daftar PSN. Ada sejumlah pertimbangan," ungkap Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrasrtuktur Jalan dan Jembatan, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PUPR, Reni Ahiantini kepada detikSulsel, Rabu (10/8/2022).

Sesuai lampiran peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 9 Tahun 2022 yang memuat perubahan daftar proyek strategis nasional (PSN), tol Mamminasata tak lagi masuk daftar PSN.


Namun masih ada sejumlah megaproyek di Sulsel yang tersisa di daftar PSN. Seperti Makassar New Port (MNP), Kereta Api Makassar-Parepare, Kawasan Industri Bantaeng, Kawasan Industri Takalar, Bendungan Karalloe, Bendungan Passeloreng, Bendungan Pamukkulu, Bendung Baliase.

"Pertimbangan pertama dicoret karena status penyiapan proyek tol Mamminasata, dalam finalisasi prastudi kelayakan tahap akhir (FBC) serta review teknis dan jaringan terkait optimasi jalan bypass yang telah dibangun sebagai bagian dari dukungan pemerintah," jelasnya.

Menurutnya, pendanaan pengadaan tanah terkendala akibat keterbatasan APBN. Sehingga untuk pendanaan pengadaan tanah khususnya untuk PSN yang didanai melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) diprioritaskan untuk proyek yang ditargetkan beroperasi di 2024.

"Kemenko Perekonomian mengeluarkan Jalan Tol Mamminasata dalam daftar PSN terbaru, dengan pertimbangan kriteria antara lain untuk proyek KPBU pemenuhan Financial Close dilaksanakan paling lambat pada semester I tahun 2024. Juga untuk proyek dalam daftar PSN terbaru tidak membutuhkan dukungan pemerintah dalam bentuk fiskal," tukasnya.

Sempat Masuk 16 Daftar Rencana Tol KPBU 2022

Proyek pembangunan tol Mamminasata sebelumnya masuk dalam 16 daftar rencana pembangunan jalan tol 2022 yang disusun Pemerintah Pusat. Anggaran investasi senilai Rp 7,4 triliun untuk proyek Tol Mamminasata akan melibatkan swasta.

Pemerintah telah menetapkan ada 16 proyek jalan tol yang pembangunannya akan melibatkan swasta atau masuk daftar rencana kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) tahun 2022.

"Pak Basuki (Menteri PUPR) mengingatkan bahwa hati-hati lho pak Danang bahwa kedepannya prosesnya ditata. Hari ini kami mendapatkan list baru dari Dirjen Pembiayaan Infrastruktur akan ada 16 tol pipelines baru," ungkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol(BPJT) Danang Parikesit dalam webinar Infrastruktur untuk Indonesia, Rabu (2/2).

Danang menambahkan daftar 16 tol baru ini akan diseleksi nanti untuk dibuat daftar skala prioritas. Sehingga selanjutnya akan dilakukan diskusi lebih mendalam dengan stakeholder terkait di bidang keuangan seperti pihak PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), LMAN untuk pembiayaan lahan sehingga kedepan perencanaan pelelangan bisa terwujud.

"Tidak ada gunanya kita lelang kalau tidak terlaksana," bebernya.



Simak Video "Menikmati Pemandangan Indah Hamparan Sawah dengan Secangkir Kopi, Maros"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/sar)