Gubernur Sulsel ASS Serahkan BKD Jawab Isu Pengusulan Ganti Sekda

Gubernur Sulsel ASS Serahkan BKD Jawab Isu Pengusulan Ganti Sekda

Xenos Zulyunico - detikSulsel
Senin, 28 Nov 2022 11:50 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.
Foto: Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (Xenos Zulyunico Ginting/detikSulsel)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman (ASS) ogah mengklarifikasi isu usulan pergantian Abdul Hayat Gani sebagai Sekretaris Daerah (Sekda). Andi Sudirman menilai hal itu merupakan ranah Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

"Tanya BKD. Kalau saya tidak urus masalah begituan ya. Saya tidak ada pusing," tutur Andi Sudirman kepada wartawan saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Senin (28/11/2022).

Andi Sudirman berdalih, dirinya hanya fokus bekerja. Evaluasi pejabat dikatakan juga tetap secara rutin dilakukan.


"Yang pusing saya itu bagaimana bisa menjalankan dengan baik kinerjanya. Tetap fokus saja kerja," paparnya.

Menurutnya, semua pejabat bisa bisa dievaluasi tidak terkecuali bagi Sekda sekali pun. BKD Sulsel kata Andi Sudirman, bertanggung jawab mengevaluasi kinerja pejabat setiap enam bulan.

"Karena evaluasi rutin itu dari BKD ya. Eselon 1, eselon 2 semuanya ASN memang wajib dievaluasi. Setiap 6 bulan kita berlakukan di sini," urai Andi Sudirman.

Untuk diketahui, Gubernur ASS dikabarkan mengusulkan pergantian Abdul Hayat Gani sebagai sekda ke pusat. Surat usulan tersebut bahkan disebut beredar di media sosial.

"Beredar suratnya (Gubernur ASS usul pergantian Sekda), tapi kan di media sosial ji beredar," papar Ketua Fraksi PKB DPRD Sulsel Azhar Arsyad kepada detikSulsel, Jumat (25/11).

Namun Wakil Ketua Komisi D DPRD Sulsel ini berharap Gubernur ASS bisa memberikan klarifikasi atas wacana itu. Dia menyarankan usulan pergantian Sekda tetap dikomunikasikan ke legislatif.

"Kan etikanya, bagusnya itu karena ini kan Gubernur dengan Sekda ini satu kesatuan. Karena dia akan menjadi dirijen untuk memimpin pemerintahan di Sulsel," imbuhnya.



Simak Video "Sah! Jokowi Lantik Andi Sudirman Jadi Gubernur Sulsel 2022-2023"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)