Korban Tewas Tragedi Itaewon Bertambah Lagi, Kini Jadi 155 Orang

Berita Internasional

Korban Tewas Tragedi Itaewon Bertambah Lagi, Kini Jadi 155 Orang

Tim detikNews - detikSulsel
Selasa, 01 Nov 2022 09:07 WIB
A nun kneels down to pray at a makeshift memorial outside a subway station in the district of Itaewon in Seoul on October 31, 2022, two days after a deadly Halloween surge in the area. (Photo by ANTHONY WALLACE / AFP) (Photo by ANTHONY WALLACE/AFP via Getty Images)
Tragedi Itaewon (Foto: AFP via Getty Images/ANTHONY WALLACE)
Itaewon -

Korban tewas akibat tragedi maut saat perayaan Halloween di Distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel) bertambah. Total korban jiwa yang dilaporkan kini mencapai 155 orang.

Dilansir detikNews yang mengutip The Korea Herald pada Selasa (1/11/2022), seorang perempuan berusia 24 tahun dinyatakan meninggal dunia pukul 21.00 waktu setempat. Ia menjadi korban ke-155.

Informasi ini diungkapkan oleh seorang pejabat di Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea Selatan. Laporannya ada 30 orang dalam kondisi serius. Kemudian 122 orang lainnya mengalami luka ringan.


Polisi Akui Kegagalan Pengamanan

Kepala Biro Manajemen Ketertiban Umum pada Kepolisian Nasional Korsel, Hong Ki-hyun seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap, Senin (31/10), mengakui kegagalan kepolisian dalam memperkirakan terjadinya insiden mematikan saat perayaan Halloween di distrik Itaewon, pusat ibu kota Seoul pada Sabtu (29/10) malam waktu setempat.

"Diperkirakan bahwa banyak orang akan berkumpul di sana. Tapi kami tidak menyangka akan adanya korban jiwa dalam skala besar akibat berkumpulnya begitu banyak orang," ucap Hong saat berbicara kepada wartawan setempat di kantornya pada Senin (31/10) waktu setempat.

Menurut Hong, kerumunan orang yang hadir dalam perayaan Halloween tahun ini jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya atau sedikit lebih banyak, meskipun belum dikonfirmasi apakah orang-orang berkumpul lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saya diberitahu bahwa polisi di lokasi kejadian tidak mendeteksi lonjakan massa secara tiba-tiba," tutur Hong, sembari menyampaikan penyesalan atas kelirunya penilaian personel kepolisian di lokasi.



Simak Video "Duka Warga Korsel Atas Tragedi Halloween Itaewon"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/tau)