Diawali Ledakan, Kebakaran di Soppeng Hanguskan 3 Rumah Panggung

Diawali Ledakan, Kebakaran di Soppeng Hanguskan 3 Rumah Panggung

Agung Pramono - detikSulsel
Sabtu, 01 Okt 2022 20:12 WIB
Kebakaran menghanguskan tiga rumah panggung di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel).
Foto: dok.ist
Soppeng -

Kebakaran menghanguskan tiga rumah panggung di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran diduga karena arus pendek listrik.

"Penyebab kebakaran diperkirakan korsleting arus pendek listrik dari televisi tabung," kata Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasamita kepada detikSulsel, Sabtu (1/20/2022).

Kebakaran tersebut terjadi di Jalan Kemakmuran, Kelurahan Lemba, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng sekitar pukul 14.30 Wita. Tiga rumah yang terbakar milik warga bernama Surifah (68), Wahida (73), dan Andi Muh Ihwan (53).


Santiaji mengatakan api awalnya muncul dari rumah panggung milik Surifah. Pada saat itu terdengar suara ledakan.

"Sehingga pada saat itu warga menuju ke rumah korban Surifah dan melihat kepulan asap di dalam rumah. Melihat itu warga bergegas untuk turun dan meminta bantuan kepada masyarakat dan pihak Pemadam Kebakaran," terangnya.

Damkar Soppeng menerjunkan 9 Armada dengan 28 personel. Petugas pemadam kesulitan masuk ke lokasi yang menyebabkan api cepat berpindah ke rumah lainnya.

"Laporannya anggota, sulit mendapatkan air dan ramainya warga sekitar yang menghalangi jalannya proses pemadaman. Akibatnya 3 unit rumah panggung habis terbakar," jelasnya.

Santiaji menuturkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun korban mengalami kerugian mencapai Rp 300 juta.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Kerugian ditaksir kurang lebih Rp 300 juta untuk keseluruhan," ungkapnya..

"Diimbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati dan senantiasa intens mengecek kondisi rumah apabila tidak ditempati begitupun dengan aktivitas saat memasak ataupun kegiatan lain yang menyalakan api," pesan Santiaji.



Simak Video "Petugas Damkar Evakuasi Ular Piton yang Bersarang di Mesin Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hmw)