Gubernur Sulsel Buka Suara soal Nasib Mattoanging, Serahkan ke OPD Teknis

Gubernur Sulsel Buka Suara soal Nasib Mattoanging, Serahkan ke OPD Teknis

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Selasa, 27 Sep 2022 20:20 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (Foto: Xenos/detikSulsel)
Makassar -

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman (ASS) ngotot untuk tetap mengerjakan proyek Stadion Mattoanging tahun ini meskipun waktu yang tersisa cukup mepet. Namun soal teknis pelaksanaannya, ASS meminta untuk ditanyakan ke OPD terkait.

"Di Dispora kalau teknis. Bukan di saya. Yang jelasnya, kalau saya itu hanya menyiapkan dana anggaran," ujar ASS kepada wartawan di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (27/9/2022).

Menurut ASS, dia tidak akan mengurusi soal teknis pelaksanaan. Menurutnya, Kepala OPD terkait yang lebih tahu karena merupakan program yang sudah dianggarkan.


"Kalau pelaksanaan tidak mungkin saya pergi ke situ kan. Sama yang lain, pekerjaan jalan apa semua, kadisnya sendiri yang jalan masing-masing," bebernya.

ASS memastikan proyek Stadion Mattoanging tetap berjalan. Apalagi anggarannya tidak akan direalokasi. Anggaran Rp 66 miliar tak diutak-atik di APBD Perubahan 2022.

"Iya, kalau kita ini tetap membuatkan anggaran artinya mau dikerjakan kan, tetap. Tapi teknis yang lebih tahu itu tentu ke masing-masing OPD," jelasnya.

Ketua Komisi E DPRD Sulsel Rahman Pina sebelumnya menuturkan Gubernur ASS kekeh membangun Stadion Mattoanging yang dianggarkan Rp 66 miliar bisa direalisasikan. Namun dengan asumsi pihak ketiga yang mengerjakan konstruksinya adalah kontraktor besar berkompeten.

"Menurut kalkulasinya Pak Gubernur, kalau misalnya pihak ketiganya, misalnya kontraktor-kontraktor besar, misalnya Bumi Karsa, Nindya Karya itu bisa prosesnya sangat cepat, itu menurut beliau," ungkapnya usai bertemu ASS di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (27/9).

Jika ditangani kontraktor berkompeten, ASS yakin masa waktu yang ada tahun ini bisa dimaksimalkan. Keyakinan itu disampaikan ASS saat bertemu Rahman Pina.

"Beda kalau misalnya kontraktor-kontraktor kecil. Tapi kalau ketemu dengan yang besar-besar itu katanya (ASS) prosesnya sangat cepat," bebernya.



Simak Video "Sah! Jokowi Lantik Andi Sudirman Jadi Gubernur Sulsel 2022-2023"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)