DPRD Sulsel Ungkap ASS Pede Mattoanging Dikerja 40 Hari Pakai Kontraktor Besar

DPRD Sulsel Ungkap ASS Pede Mattoanging Dikerja 40 Hari Pakai Kontraktor Besar

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Selasa, 27 Sep 2022 17:50 WIB
Pertemuan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Komisi E DPRD Sulsel Rahman Pina
Pertemuan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Komisi E DPRD Sulsel Rahman Pina (Istimewa)
Makassar -

DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) mengaku Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) kekeh membangun Stadion Mattoanging yang dianggarkan Rp 66 miliar bisa direalisasikan. Namun dengan asumsi pihak ketiga yang mengerjakan konstruksinya adalah kontraktor besar berkompeten.

"Menurut kalkulasinya Pak Gubernur, kalau misalnya pihak ketiganya, misalnya kontraktor-kontraktor besar, misalnya Bumi Karsa, Nindya Karya itu bisa prosesnya sangat cepat, itu menurut beliau," sebut Ketua Komisi E DPRD Sulsel Rahman Pina kepada wartawan usai bertemu ASS di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (27/9/2022).

Jika ditangani kontraktor berkompeten, ASS yakin masa waktu yang ada tahun ini bisa dimaksimalkan. Keyakinan itu disampaikan ASS saat bertemu Rahman Pina.


"Beda kalau misalnya kontraktor-kontraktor kecil. Tapi kalau ketemu dengan yang besar-besar itu katanya (ASS) prosesnya sangat cepat," tambahnya.

Namun legislator fraksi Golkar ini enggan berkomentar lebih jauh terkait asumsi Gubernur Sulsel tersebut. Pihaknya mengaku akan mengawasi jika Pemprov Sulsel yakin membangun Stadion Mattoanging tahun ini.

"Kita ini kan bukan orang teknik partner, kalau Pak Gubernur ini kan orang teknik. Kalau kita ini kan orang sosial. Kalau orang teknik kan cara menghitungnya beda dengan cara menghitungnya kita," imbuhnya.

Padahal kata Rahman Pina, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel sempat pesimis anggaran Stadion Mattoanging bisa terserap. Kalau pun tetap dikerjakan, realisasi anggarannya hanya Rp 10 miliar dari total Rp 66 miliar yang disiapkan.

"Kalau waktu rapat pra pembahasan kan orang Dispora sampaikan bahwa (anggaran Mattoanging) maksimal bisa sampai Rp 10 miliar (terserap)," jelasnya.

Jika merujuk pada manajemen konstruksi seperti penjelasan Kepala Dispora Sulsel Andi Arwin Azis, anggaran Rp 66 miliar butuh 90 hari kerja untuk terserap. Ini di luar proses tender yang memakan waktu 45 hari jika berjalan normal. Bila tender dilakukan pekan ini, sisa waktu efektif pengerjaan tersisa kurang dari 40 hari.

Sementara Gubernur Sulsel ASS menekankan pembangunan Stadion Mattoanging akan dilanjutkan. Namun dirinya menyerahkan perencanaannya ke Dispora Sulsel sebagai OPD teknis.

"Di Dispora kalau teknis. Bukan di saya. Yang jelasnya, kalau saya itu hanya menyiapkan dana anggaran. Kalau pelaksanaan tidak mungkin saya pergi ke situ kan," sebut Andi Sudirman usai menerima kunjungan Komisi E DPRD Sulsel.

Andi Sudirman pun enggan mengomentar lebih jauh terkait usulan DPRD Sulsel agar anggaran Stadion Mattoanging dialihkan. Intinya kata dia, Pemprov Sulsel sudah menganggarkan dan dana tersebut akan direalisasikan sesuai peruntukannya.

"Kalau kita ini tetap membuatkan anggaran artinya mau dikerjakan kan, tetap," pungkasnya.



Simak Video "Sah! Jokowi Lantik Andi Sudirman Jadi Gubernur Sulsel 2022-2023"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)