Danny Minta Ombudsman Buktikan Dugaan Maladministrasi Seleksi BUMD Makassar

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 20:23 WIB
Wali Kota Makassar Danny Pomanto.
Foto: Wali Kota Makassar Danny Pomanto. (Ibnu Munsir/detikSulsel)
Makassar -

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menanggapi adanya indikasi pelanggaran maladministrasi dalam seleksi direksi dan dewas BUMD Makassar yang menjadi temuan Ombudsman Sulsel. Danny pun meminta agar Ombudsman membuktikan temuannya tersebut.

"Diungkap apa saja pelanggarannya supaya transparan," ujar Danny saat dikonfirmasi detikSulsel, Senin (26/9/2022).

Namun Danny menilai beranggapan secara umum pelaksanaan seleksi direksi dan dewas BUMD Makassar sudah berjalan cukup baik. Meski diakui ada tahapan prosedur yang belum lengkap.


"Setahu saya hanya tidak lengkap," imbuhnya.

Makanya dia tidak ingin jika seleksi BUMD Makassar dikatakan melanggar, namun hanya prosedur tertentu saja yang tidak lengkap. Namun Danny tidak menjelaskan prosedur yang tidak lengkap tersebut.

"Beda pelanggaran dan beda tidak lengkap. Kalau tidak lengkap sisa dilengkapi," sebut Danny.

Sebelumnya, Ombudsman Sulsel telah merampungkan pemeriksaan atas laporan dugaan maladministrasi seleksi calon direksi dan dewas Kota Makassar. Dari hasil pemeriksaan, Ombudsman mengaku ada indikasi pelanggaran dalam pelaksanaan seleksi itu.

"Iya, ada indikasi (pelanggaran maladministrasi seleksi BUMD Makassar)," ungkap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulsel Ismu Iskandar saat dikonfirmasi, Minggu malam (14/7).

Namun Ismu Iskandar belum menjelaskan lebih lanjut terkait temuan indikasi pelanggaran yang ditemukan dalam seleksi BUMD Makassar. Dia berdalih pihaknya menunggu tanggapan pelapor terkait hasil pemeriksaan sementara yang telah disampaikan.

"Kita kasih waktu 14 hari ke pelapor memberi tanggapan. Kalau 14 hari tidak ada tanggapan maka kita anggap diterima. Maka kita lanjut ke laporan akhir. Ini sudah sekitar seminggu kayaknya (sejak laporan disampaikan ke pelapor)," imbuhnya.

Untuk diketahui, Ombudsman Sulsel melakukan pemeriksaan atas dugaan maladministrasi seleksi BUMD Makassar usai menerima laporan peserta. Ada 4 peserta yang mengadukan pelaksanaan seleksi yang dianggap berjalan tidak profesional.



Simak Video "Diduga Ada Maladministrasi, Ombudsman Beri Tindakan Korektif ke BRIN"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/tau)