Cerita Mengerikan Warga Muna Barat Temukan Piton Raksasa Melilit di Kebun

Sulawesi Tenggara

Cerita Mengerikan Warga Muna Barat Temukan Piton Raksasa Melilit di Kebun

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 24 Sep 2022 08:20 WIB
Ular piton raksasa saat dievakuasi warga Muna Barat, Sulawesi Tenggara.
Foto: Dokumen Istimewa.
Muna Barat -

Warga di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) menemukan ular piton raksasa saat membabat rumput di kebun yang akan ditanami jagung. Ular piton dengan panjang 7 meter dan berat 130 kilogram itu ditemukan melilit.

"Jadi masyarakat dia bersihkan (membabat rumput di kebun) tiba-tiba dia dapat itu ular sementara melilit dia tidur mungkin," kata Kepala Desa Latompe Laode Sugira kepada detikcom, Jumat (23/9/2022).

Sugira menuturkan ular piton tersebut awalnya ditemukan oleh satu orang warga. Namun karena ukurannya besar, dia lalu mengajak 8 orang rekannya. Mereka kemudian menangkap ular piton tersebut.


"Dia tidak bisa sendiri karena besar, sangat. Jadi dia panggil teman-temannya di situ. Jadi mereka itu sembilan orang," ujarnya.

Lebih lanjut, Sugira mengatakan ular piton tersebut melakukan perlawanan saat ingin ditangkap. Warga kemudian menghantamnya dengan parang sebanyak 8 kali hingga akhirnya mati.

"Sempat ular itu melawan (saat hendak ditangkap) jadi dihantam dengan parang. Dihantam 8 kali baru mati," ujarnya.

Setelah dibunuh, warga kemudian membawa ular piton tersebut ke perkampungan. Jarak antara kebun tempat ular piton itu ditemukan dengan perkampungan sekitar 7 kilometer.

Di area perkampungan itu, warga kemudian menguliti ular piton tersebut. Warga kemudian mengetahui ular tersebut betina karena menemukan sejumlah telur dari dalam perutnya.

"Baru (setelah dibelah) di dalamnya ada telur. Telurnya itu kalau ditaruh di karung ya ada satu karung. Berarti ular itu betina," ujar Sugira.

Ular Piton Bersarang di Kebun Seluas 100 Hektare

Warga di Desa Latompe, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat menangkap ular piton raksasa itu pada Rabu (21/9) sekitar pukul 09.00 Wita. Ular tersebut ditemukan warga di kebun saat membabat rumput.

"Itu waktu hari Rabu jam 9 pagi kejadiannya di perkebunan warga," ujar Kepala Desa Latompe Laode Sugira.

Ular piton tersebut ditemukan di kebun warga yang luasnya sekitar 100 hektare. Di sana terdapat sungai dan rawa yang cukup luas tak jauh dari kebun warga tersebut.

"Saya punya masyarakat kan sementara babat rumput. Itu kebun kan sudah diolah sejak 1 tahun yang lalu, tapi belum sempat menanam karena hujan terus toh, jadi sekarang diolah kembali itu lahan untuk tanam jagung," katanya.



Simak Video "Rumah Warga Parepare Kemasukan Ular Piton Raksasa, Begini Penampakannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)