Demo Tutup Jalan Masuk Bandara Makassar, Akses Dialihkan ke Jalur Lain

Demo Tutup Jalan Masuk Bandara Makassar, Akses Dialihkan ke Jalur Lain

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Kamis, 22 Sep 2022 19:12 WIB
Ratusan mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di simpang lima Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Foto: dok.ist
Makassar -

Massa mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM di simpang lima Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Warga atau penumpang yang hendak masuk bandara terpaksa dialihkan ke jalur lantaran massa memblokade jalan masuk.

"Tadi di lokasi (mahasiswa) sempat bakar ban, ada tiga titik tapi semua terkendali," kata Kapolsek Bandara Iptu Arsyad saat dikonfirmasi detikSulsel, Kamis (22/9/2022).

Aksi tersebut berlangsung sekitar pukul 02.00 Wita dan berakhir sekitar pukul 05.00 Wita, Kamis (22/9). Massa aksi terdiri dari berbagai organisasi kemahasiswaan termasuk dari organisasi buruh.


"Kalau estimasi massa menghampiri 200-an orang mungkin," sebutnya.

Saat aksi berlangsung, penumpang yang ingin masuk ke bandara dievakuasi lewat pintu samping jalan masuk ke bandara. Tujuannya agar calon penumpang tidak ketinggalan pesawat.

Meski arus lalu lintas di wilayah tersebut sempat terganggu mengingat simpang lima Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menghubungkan beberapa jalur. Mulai dari jalan keluar dan masuk tol, jalan poros Maros-Makassar dan sebaliknya termasuk sebagai pintu utama masuk bandara.

"Kondisi sekarang (arus lalu lintas) sudah lancar. Tadi itu sebenarnya wilayahnya Biringkanaya dibantu Polrestabes Makassar," sebutnya.

Arsyad mengatakan akses jalan masuk ke bandara sendiri aman, penumpang telah disiapkan jalur alternatif tepat berada di samping jalan utama. Sehingga tak ada calon penumpang yang mengalami keterlambatan pesawat saat mahasiswa berunjuk rasa.

"Akses jalan masuk bandara aman, tadi memang ditutup arah utama, tapi kita ada akses samping jadi semua penumpang kita lewatkan disitu. Tidak adaji keterlambatan penumpang pesawat," pungkasnya.



Simak Video "Demo Tolak Kenaikan BBM Usai, Massa Aksi 2309 Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)