600 Sapi di Sulsel Dipotong Paksa karena PMK, 137 Sudah Terima Ganti Rugi

600 Sapi di Sulsel Dipotong Paksa karena PMK, 137 Sudah Terima Ganti Rugi

Muhclis Abduh - detikSulsel
Sabtu, 17 Sep 2022 19:20 WIB
Petugas melakukan vaksinasi PMK terhadap sapi ternak di Bone.
Foto: Petugas melakukan vaksinasi PMK terhadap sapi ternak di Bone. (Dok. Istimewa)
Pinrang -

Sebanyak 600 ekor lebih sapi di Sulawesi Selatan (Sulsel) dipotong paksa karena terinfeksi penyakit mulut dan kuku atau PMK. 137 ekor di antaranya telah diberikan kompensasi ganti rugi Rp 10 juta.

"Jadi ada sekitar 600-an itu sapi yang dipotong bersyarat, dan sudah ada 173 di antaranya yang sudah diberikan kompensasi penggantian senilai Rp 10 juta," ungkap Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, drh Nurlina Saking saat dikonfirmasi detikSulsel, Sabtu (17/9/2022).

Adapun sapi yang telah dipotong bersyarat dan belum mendapatkan kompensasi menurut dia juga akan segera menyusul untuk diberikan uang ganti rugi. Dia menyatakan keterlambatan pembayaran kompensasi disebabkan ada batas waktu untuk pembayaran.


"Karena itu kan ada batas waktu (sehingga belum dibayarkan semuanya). Kita upayakan di anggaran perubahan nanti termasuk dari Kementan (pembayaran kompensasi)," paparnya.

Kemudian untuk mengendalikan penyebaran PMK, proses vaksinasi juga terus dimaksimalkan ke daerah-daerah. Apalagi ada tambahan stok bantuan untuk vaksinasi PMK sebanyak 315 ribu dosis.

"Vaksinasi PMK terus berjalan sebagai upaya agar kasus PMK ini segera berakhir," rincinya.

Ia merincikan data terakhir kasus PMK di Sulsel mencapai 6.000 kasus. Jumlah sapi yang saat ini masih tercatat positif ia menyebut jumlahnya sekitar 2.800 ekor sementara yang sembuh mencapai 2.000-an ekor.

"Kasus aktif 2.800 dan sisanya sekitar 2.000-an ekor sudah sembuh," tegasnya.

Sementara, Kabid Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Penyuluhan Dinas Peternakan dan Perkebunan Pinrang drh Elvi Martina Martina menjelaskan, data terakhir hingga Rabu (14/9), kasus sapi yang positif di Pinrang mencapai 106 ekor, sembuh 67, mati 1 ekor.

"Yang potong bersyarat ada 8 ekor saat di awal-awal kasus terjadi, kalau sekarang lebih fokus ke proses penyembuhan," tukasnya.



Simak Video " Asahan Terima 400 Dosis Vaksin PMK, Pemerintah Janji Tambah Kuota"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/hmw)