Gubernur Sultra Dijadwalkan Lantik Tiga Pj Bupati Besok

Sulawesi Tenggara

Gubernur Sultra Dijadwalkan Lantik Tiga Pj Bupati Besok

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Selasa, 23 Agu 2022 12:40 WIB
Kepala Biro Administrasi Pemprov Sultra, Muliadi saat ditemui wartawan, Selasa (23/8/2022).
Foto: Muliadi saat ditemui wartawan.(Nadhir Attamimi/detikcom)
Bombana -

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dijadwalkan akan melantik tiga penjabat (Pj) Bupati yang masa jabatannya habis. Bupati Kolaka Utara dan Bombana berakhir kemarin sementara Bupati Buton menjabat terakhir hari ini.

"Iya (Kepala Daerah) Bombana dan Kolaka Utara kemarin dan Buton nanti pukul 00.01 (24/8) berakhir masa jabatannya," kata Kepala Biro Administrasi Pemprov Sultra, Muliadi saat ditemui wartawan, Selasa (23/8/2022).

Muliadi menambahkan bahwa Gubernur Sultra Ali Mazi akan melantik Pj Bupati tiga daerah tersebut pada Rabu (24/8) besok. Pelantikan akan berlangsung di Aula Kantor Gubernur Sultra.


"Pelantikan besok, sesuai petunjuk Pak Gubernur dan dari Kemendagri, Insya Allah akan dilaksanakan besok. Rencananya di Aula Kantor Gubernur," terang Muliadi.

Namun Muliadi belum membeberkan nama Pj Bupati di tiga daerah tersebut yang akan dilantik oleh Gubernur Sultra.

"Nanti nama kita bunyikan di SK besok," singkatnya.

Seperti diketahui Kabupaten Bombana sebelumnya dijabat oleh Tafdil, Kolaka Utara dijabat Nur Rahman Umar dan Buton dijabat oleh La Bakry

Muliadi mengungkapkan Bombana dan Kolaka Utara lebih dulu berakhir masa jabatannya dan menyusul Kabupaten Buton. Setelah masa jabatan ketiganya berakhir, Pemprov Sultra menunjuk pelaksana harian (Plh) di masing-masing pejabat di daerah.

"Masing-masing Sekda (Sekretaris Daerah) jadi Plh tidak boleh kosong," ungkap dia.

Begitu pula Kabupaten Buton, kata Muliadi, Pemprov Sultra sudah menetapkan Sekda sebagai Plh sementara.

"Buton tetap ada Plh karena tanggal 23 lewat satu detik itu berakhir (masa jabatan La Bakry). Jadi tetap ada Plh beberapa jam (sampai pelantikan Pj)," ungkap dia.



Simak Video "Sempat 'Marahi' Jokowi karena HP Rusak, Sabrila Kini Dapat HP Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/tau)