Jabatan Andi Sudirman Sisa Setahun, DPRD Ingatkan Ada Stadion Rampung di 2023

Tim detikSulsel - detikSulsel
Minggu, 14 Agu 2022 07:37 WIB
Gedung DPRD Sulsel
Gedung DPRD Sulsel (Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom)
Makassar -

DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) mengingatkan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) agar merampungkan salah satu stadion yang ada di Makassar tahun 2023. Ini lantaran masa jabatannya tersisa setahun.

"Untuk Stadion Mattoanging dan Barombong serta Stadion Sudiang, Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mendesak Pemerintah Provinsi untuk menyelesaikan atau menuntaskan salah satu stadion tersebut," ungkap Koordinator Harian Banggar DPRD Sulsel, Irwan Hamid kepada wartawan, Jumat malam (12/8/2022).

Pihaknya berharap Pemprov segera melakukan kajian cepat untuk memutuskan stadion mana yang akan dirampungkan. Sehingga tahun depan diharap ada stadion yang bisa digunakan.


"Di tahun 2023 agar disiapkan anggaran untuk menyelesaikan salah satu dari ketiga stadion tersebut," tuturnya.

Anggaran pembangunan Stadion Mattoanging yang belum juga terserap dminta juga agar segera jadi perhatian Pemprov. Ini lantaran proyek pembangunan kembali Stadion Mattoanging tak kunjung berjalan usai dua kali gagal tender. Sementara sisa waktu pengerjaan tahun ini kian mepet.

"Dan mendesak Pemprov Sulawesi Selatan untuk sesegera mungkin memanfaatkan anggaran yang telah teralokasi sebesar Rp 66 miliar lebih pada tahun anggaran 2022 ini," jelasnya.

Sementara, Anggota Banggar DPRD Sulsel, Selle KS Dalle menegaskan tiga opsi stadion diberikan ke Pemprov agar jadi perhatian. Tahun depan mesti tuntas konstruksinya.

"Misalnya Barombong lebih mudah dan murah dibanding Mattoanging, Pemprov bisa pilih untuk dituntaskan. Atau Sudiang karena di sana juga kan sudah jadi kawasan olahraga. Sekarang tergantung Pemprov mana paling murah dan mudah segera dituntaskan. Malu kita, Makassar tidak punya stadion representatif akibatnya PSM main di Parepare, latihan di Gowa," bebernya.

Stadion representatif memang sulit dibangun jika mengandalkan APBD. Butuh sumber penganggaran lain misalnya dari swasta. Hanya saja, Pemprov tidak bisa mencari pendanaan alternatif untuk membangun stadion.

"Dulu kan sebenarnya sudah ada Rp 1,2 triliun untuk bangun Mattoanging pakai dana pinjaman PEN. Tetapi dikembalikan pak Gubernur (Andi Sudirman Sulaiman). Jika tidak dikembalikan (dananya), Mattoanging sudah selesai tahun ini, kan targetnya Februari rampung," tukasnya.



Simak Video "Mencicipi Makanan Hotel yang Dimasak oleh Koki Handal, Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/hmw)