Sulawesi Utara

Walkot Bitung Janji Pulangkan ABK asal Sulut yang Telantar di Somalia

Trisno Mais - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 21:12 WIB
5 ABK asal Indonesia yang telantar di Somalia.
Foto: 5 ABK asal Indonesia yang telantar di Somalia. (Dok. Istimewa)
Bitung -

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menyatakan siap mengawal pemulangan anak buah kapal (ABK) asal Bitung bernama Devis Tumbel yang telantar di Somalia. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait tentang proses pemulangannya.

"Kami akan tetap kawal hingga yang orang Bitung bisa balik," kata Maurits kepada detikcom, Selasa (16/8/2022).

Maurits menjelaskan Pemkot Bitung telah berkoordinasi dengan instansi terkait berupa Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) soal pemulangan mereka. Namun penjelasan detail tentang upaya apa saja yang telah dilakukan belum dibeberkan.


"Ya kami melalui dinas tenaga kerja sudah melakukan upaya, melaporkan ke instansi resmi. BP2MI sudah lakukan koordinasi hingga instansi-instansi terkait," katanya.

Maurits meyakini pemerintah Indonesia melalui lembaga terkait sudah sedang mencari solusi untuk pemulangan warganya. Namun karena proses pemulangan masih harus melewati sejumlah tahapan. Sehingga dia berharap agar semua pihak bersabar.

"Ya sepanjang BP2MI memintakan dan demi warga Bitung pasti akan kami ambil langka," katanya.

Secara terpisah, Non Honga (39), istri Devis menuturkan suaminya sudah sejak bulan Mei 2022 lalu bekerja di kapal FV DOX berbendera Dili, Timor Leste. Namun sejak bekerja di sana, suaminya tak pernah mengirim uang karena belum gajinya belum dibayarkan.

"Berangkat dari Mei, terus perjanjian gaji terima setiap bulan tetapi sampai akhir Juni sudah tidak gajian," ujarnya.

Non mengatakan saat suaminya pergi ke Jakarta, uang tiketnya ditanggung sendiri. Namun karena keberangkatan saat itu mendadak maka dia menggadaikan kalung emas miliknya untuk biaya perjalanan.

"Waktu itu tiket Rp 4 juta dari hasil gadai emas," jelasnya.

Non menyampaikan pesan suaminya kepada seluruh keluarganya di Indonesia. Dia menyarankan agar keluarganya tetap sabar, dan berdoa supaya proses pemulangan dirinya cepat selesai.

"(Pesan Devis) banyak sabar, berdoa. Karena kalau sudah ada masalah seperti itu kan stres, supaya tidak memikirkan hal-hal yang membuat banyak beban pikiran, harus berdoa," katanya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 5 ABK asal Indonesia telantar di Somalia. Mereka meminta pemerintah Indonesia turun tangan meminta kelimanya dipulangkan ke tanah air.

Permintaan itu viral di media sosial. Dalam rekaman video yang beredar, nakhoda kapal bernama Devis Tumbel mewakili keempat ABK berharap agar Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dapat membantu memulangkan mereka ke Indonesia.

"Kami mau minta bantuan dari bapak gubernur, dan wali kota agar kami dapat segera dipulangkan," kata Devis, ABK asal Bitung Sulawesi Utara (Sulut), seperti dilihat detikcom, Senin (15/8).



Simak Video "Menikmati Udara yang Sejuk dan Segar di Bitung, Sulawesi Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)