HUT RI ke-77, Pemkot Makassar akan Kibarkan 77 Bendera Sepanjang 5 Km

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 16:48 WIB
Suasana pembentangan bendera merah putih di atas perairan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (17/8/2021). Pembentangan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.
Pembentangan bendera 1.000 meter di Pantai Losari pada HUT RI ke 76 tahun 2021 lalu. (Foto: ANTARA FOTO/ARNAS PADDA)
Makassar -

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan mengibarkan 77 bendera merah putih dengan total panjang keseluruhan mencapai 5.000 meter di sepanjang anjungan Pantai Losari. Pengibaran bendera ini dalam rangka perayaan HUT RI ke 77.

"Nanti agak spektakuler, 5.000 meter bendera yang terdiri atas 65 (meter) kali 77 bendera itu akan menutupi pelataran Bugis dan Makassar (di anjungan Pantai Losari)," ungkap Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pamanto kepada wartawan, Selasa (16/8/22).

Sementara terkait upacara peringatan Kemerdekaan RI ke 77, akan dilakukan secara formal seperti biasanya. Meski dalam nuansa formal, Danny mengatakan upacara tersebut akan berlangsung spektakuler.


"Upacara formalnya itu juga spektakuler karena panggungnya bagus. Saya bikin di Pantai Losari pokoknya spektakuler lah tidak seperti biasanya. Tapi formatnya tetap. Setelah itu ada upacara khas," terangnya.

Lebih lanjut Danny mengatakan konsep perayaan HUT RI tahun ini akan sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, perayaan HUT RI ke-77 ini akan dipusatkan di darat.

"Dulu kan di laut sekarang kita main di darat. Bergantian darat, laut, darat, laut. Jangan di laut semua kan. Terlalu banyak basah nanti dinginkan," terang Danny sembari berkelakar.

Sebagai informasi, pada tahun 2021 lalu Pemkot Makassar membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter di perairan Pantai Losari. Pengibaran bendera melibatkan nelayan, Anggota TNI/Polri serta pengibaran di bawah laut oleh tim penyelam Universitas Hasanuddin.



Simak Video "Prosesi Penyerahan Duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Proklamasi"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/nvl)